Lebih dari 1.500 Produk UMKM Akan Ramaikan Gelaran MotoGP Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan pameran untuk lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 provinsi di ajang MotoGP Mandalika yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022.

“Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages. Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika,” ungkapnya dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Indonesia, seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Senin (7/3/2022).

Baca juga: Ini Dampak jika Indonesia Ikut Beri Sanksi ke Rusia

Lebih lanjut, Menteri Teten memaparkan, pada 2021 lalu, industri otomotif mengalami peningkatan sebesar 17,82 persen, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa demand pasar otomotif masih tinggi.

Teten juga mengatakan, membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM.

“UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai suplier part atau komponen kendaraan. Sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini,” ucap Menteri Teten.

Menurut Teten, Gelaran MotoGP Mandalika, merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM untuk promosi.

Baca juga: Menaker Sebut Daya Saing Digital Indonesia Masih Tertinggal

UMKM Indonesia dinilai harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.

Event pameran UMKM otomotif dan travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika, kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global,” tutur Teten.

Teten juga menginginkan terwujudnya peta jalan terukur untuk promosi ini agar 10 tahun ke depan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Indonesia dapat menaikkan target industri otomotif termasuk UMKM.

“MotoGP akan mengangkat industri UMKM dan otomotif. Kita harus punya target terukur. Kalau 10 tahun ke depan, saya optimis kita bisa menggerakan industri otomotif Indonesia berkelas dunia,” kata Teten.

Baca juga: Menaker Sebut Daya Saing Digital Indonesia Masih Tertinggal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts