Lombok Barat Gelar Festival Gili Gede, Sambut MotoGP Mandalika 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.comLombok Barat menggelar Festival Gili Gede di Kecamatan Sekotong, beberapa hari jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022. Festival ini berlangsung selama dua hari, yaitu 12-13 Maret 2022.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan festival ini untuk menyambut perhelatan MotoGP yang akan digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, pada 18-20 Maret mendatang.

Baca juga:

Selain sebagai euforia menyambut MotoGP, ajang ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Gili Gede kepada dunia, bahwa kawasan tersebut telah siap menyambut wisatawan.

“Tujuan Festival Gili Gede untuk memperkenalkan bahwa di Sekotong ada 12 kawasan Gili. Salah satunya Gili Gede yang sudah siap dengan hunian hotel, kami sudah siap menerima wisatawan lokal dan mancanegara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, M Fajar Taufiq, kepada Kompas.com, Minggu (13/03/2022).

Melansir Antara (14/03/2022), kegiatan Festival Gili Gede disemarakkan dengan aneka perlombaan, atraksi seni musik, dan seni tari yang melibatkan warga desa setempat.

Kegiatan diawali dengan lomba balap perahu layar dan lomba balap perahu Ketinting. Lalu, dilanjutkan dengan penampilan Cilokak Sasak dari seniman penyandang disabilitas di Sekotong Barat.

Kemudian, ada pertunjukan tari kesenian khas Lombok yaitu Tari Rudat, Tari Perempuan Ibu Bumi, dan penampilan dari seniman luar daerah.

Suasana perlombaan Festival Gili Gede di Lombok Barat, 12-13 Maret 2022Dok. Pemkab Lombok Barat Suasana perlombaan Festival Gili Gede di Lombok Barat, 12-13 Maret 2022

Menurut Taufiq, agenda Festival Gili Gede sebelumnya sudah cukup rutin diadakan.

“Tahun ini kami lakukan kembali, agar tamu-tamu yang mau nonton MotoGP, tidak hanya melihat bahwa di Lombok Barat hanya ada Senggigi. Banyak alternatif penginapan lainnya di Kecamatan Sekotong, ada juga atraksi seni,” jelas dia.

Baca juga:

Related posts