Marc Marquez Alami Diplopia Usai Terjatuh di MotoGP Mandalika, Kondisi Apa Itu?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Marc Marquez, pembalap MotoGP tim Repsol Honda mengumumkan bahwa dirinya mengalami masalah pada mata saat sampai di Spanyol pada Senin (21/3/2022) kemarin.

Sebelumnya, Marquez juga mengalami gegar otak usai terjatuh ketika sesi pemanasan MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa (22/3/2022) Marc Marquez langsung memeriksakan diri ke Hospital Clinic de Barcelona dan ditangani oleh dokter mata Dr Sanchez Dalmau.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, ia didiagnosis mengalami diplopia yang juga pernah dideritanya pada November tahun lalu.

Baca juga: Apa Itu Gegar Otak, Kondisi yang Dialami Marc Marquez akibat Terjatuh di MotoGP Mandalika?

“Sepertinya saya mengalami deja vu… Selama perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan, dan memutuskan untuk mengunjungi Dr Sanchez Dalmau, yang mengatakan bahwa saya mengalami diplopia lagi,” tulis Marc Marquez melalui akun Twitter-nya.

Kendati kondisinya sudah membaik, Marquez masih membutuhkan observasi dan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Sebenarnya, apa itu diplopia yang dialami Marc Marquez?

Seperti dilansir dari Web MD, Senin (30/3/2020) diplopia adalah istilah medis yang terjadi ketika mata melihat dua bayangan pada satu objek yang sama.

Umumnya penglihatan ganda atau diplopia ini bersifat sementara, namun bisa juga mengindikasikan adanya permasalahan kesehatan lainnya. Maka dari itu, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami diplopia.

Penyebab diplopia sendiri bisa karena masalah pada saraf, otak, maupun adanya kerusakan pada lensa mata.

Related posts