Melihat “Safety Car” MotoGP yang Tiba di Sirkuit Mandalika, Diterbangkan dari Qatar

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com– Menjelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, sejumlah fasilitas pendukung balapan telah tiba.

Salah satu fasilitas yang tiba di Sirkuit Mandalika adalah safety car yang digunakan saat balapan MotoGP.

Baca juga: Semua Pebalap MotoGP Sudah Tiba di Indonesia

Berdasarkan pantauan Kompas.com, terlihat dua safety car yang terparkir di sekitar gedung race control Sirkuit Mandalika. Sebuah mobil hitam dan lainnya berwarna putih.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyampaikan, dua mobil tersebut diterbangkan dari Doha, Qatar.

Mobil itu akan mengawal keselamatan para pebalap yang berlaga di Sirkuit Mandalika.

“Ada dua BMW yang dibawa dari pihak Dorna, itu nanti pengemudinya juga dari Dorna juga ya,” kata Priandhi di Lombok Tengah, NTB, Selasa (16/3/2022).

Mobil keselamatan atau Sefty Car nampak terparkir di samping Race Control sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Mobil keselamatan atau Sefty Car nampak terparkir di samping Race Control sirkuit Mandalika

Priandhi menyebut, mobil itu tak bisa dikendarai sembarangan orang. Pengemudi mobil itu harus mendapatkan lisensi dari Dorna.

“Tentunya yang mengendarai setiap hari ini harus memiliki lisensi khusus, enggak bisa ya naik safety car ini sembarangan,” kata Priandhi.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

Tahun ini, kata Priandhi, Dorna memilih pabrikan BMW untuk safety car. Selama musim MotoGP 2022, mobil itu akan berkeliling ke seluruh sirkuit di dunia.

“Yang digunakan mereka tahun 2022 mereka pilih BMW, jadi akan dibawa keliling dunia setiap tahun ini,” kata Priandhi.

Baca juga: Tiba di Bandara Lombok, Pebalap MotoGP Fabio Quartararo: Sirkuit Mandalika Nice…

Di dalam safety car terdapat alat komunikasi yang terhubung langsung ke gedung race control.

“Di dalamnya juga ada alat komunikasi dan integrasi dengan race control, jadi yang di dalam mobil juga tahu apa yang sedang dibicarakan,” jelas Priandhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts