Melirik Peralatan dan Perlengkapan Marshal Jelang MotoGP Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Salah satu komponen penting dari suatu balapan Grand Prix yang kerap lepas dari pantauan banyak publik adalah para marshal dan kelengkapannya.

Padahal, peran mereka sangatlah vital dalam memastikan balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang lancar dan aman bagi semua yang terlibat, terutama para rider.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi tenda para marshal di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Rabu (16/3/2022) siang.

Tenda marshal yang terletak di sisi utara sirkuit baru kebanggaan Tanah Air tersebut terhitung besar, kurang lebih seluas lapangan sepak bola. 

Saat Kompas.com mengunjungi tenda tersebut, berbagai kegiatan tengah berlangsung di dalamnya.

Boks kontainer berisi peralatan marshal yang akan dipakai di MotoGP Indonesia 18-20 Maret 2022.KOMPAS.com/Firzie A. Idris Boks kontainer berisi peralatan marshal yang akan dipakai di MotoGP Indonesia 18-20 Maret 2022.

Tes Covid-19 dilakukan kepada para marshal yang hadir untuk mengikuti serangkaian pelatihan pada hari itu.

Meja tes terletak di tengah ruangan. Pelatihan yang mereka ikuti pada hari itu adalah pemadaman api dan cara membersihkan oli di lintasan.

Baca juga: Pelatihan Marshal di Sirkuit Mandalika: Bakar Ban, Angkut APAR, dan Wajib Berhati-hati

Di sebelah meja tes PCR tersebut, tertata rapi kontainer demi kontainer berisi perlengkapan para marshal yang akan mereka pakai di lintasan nanti. 

Sebelahnya, terdapat baris demi baris tabung bertuliskan “Flag Marshal” pertanda itu berisi bendera-bendera yang akan dikibarkan oleh para marshal.

Tabung berisi bendera-bendera Flag Marshal yang akan dipakai di MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.KOMPAS.com/Firzie A. Idris Tabung berisi bendera-bendera Flag Marshal yang akan dipakai di MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Tak jauh dari situ, beberapa orang duduk mengerjakan pemasangan stiker di helm oranye yang bakal dipakai para marshal.

Related posts