Mengenal Apa Itu Free Practice yang Mewarnai Jalannya MotoGP Mandalika 2022?

  • Whatsapp

Liputan6.com, Jakarta Ajang MotoGP 2022 Mandalika yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, diawali dari sesi free practice, Jumat (18/3/2022). Ini merupakan momen pertama para pembalap mengeluarkan sepeda motornya dari paddcok sebelum tampil pada balapan resmi, Minggu (20/3).

Pol Espargaro keluar sebagai yang tercepat pada sesi pertama yang berlangsung pagi hari. Pembalap Repsol Honda itu mengukir catatan waktu 1’33.499 diikuti Miguel Oliveira yang terpaut 0,044 detik. 

Seperti dilansir dari situs resmi FIM, free practice berlangsung empat kali di setiap seri. Sesi ini digunakan digunakan para pembalap untuk beradaptasi dengan sepeda motornya sebelum lomba. Momen ini juga digunakan para pembalap menyiapkan setingan terakhir sebelum tampil pada balapan resmi. 

Terdapat empat sesi latihan bebas dan dua sesi kualifikasi yang diikuti pembalap MotoGP di setiap seri. Sejak 2013, free practice tidak hanya sekedar dijadikan sebagai momen untuk ber adaptasi dengan  motor saja, tetapi juga sebagai penentu dalam mengikuti sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start.

 

Berita video Marc Marquez, Enea Bastianini, dan Pol Espargaro mengungkapkan kekagumannya dengan fans MotoGP di Indonesia, Kamis (17/3/2022).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.