Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

  • Whatsapp

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menegaskan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi ASEAN Para Games XI 2022. Kompetisi disabilitas itu berlangsung di Solo pada 20-31 Juli mendatang.

“Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selepas mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Rapat terbatas juga menetapkan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 berada langsung di bawah koordinasi pemerintah pusat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Ketua Badan Pertimbangan yang beranggotakan menteri-menteri terkait.

Sebagaimana disampaikan Menpora, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menandai kembalinya pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas di Asia Tenggara. Ajang sebelumnya pada tidak bisa digelar di Filipina pada 2019 karena berbagai alasan, ditambah lagi pandemi Covid-19.

ASEAN Para Games XI kemudian seharusnya berlangsung pada 2021 di Vietnam, bergandengan dengan SEA Games XXXI. Namum, pandemi Covid-19 membuat kedua ajang itu diundur ke 2022. Vietnam kemudian menyatakan hanya sanggup menggelar SEA Games.

“Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri,” kata Menpora.

Tidak diunggulkan serta tidak ditarget medali, tim basket kursi roda Indonesia, optimistis bisa membuat kejutan di Asian Para Games 2018, yang akan berlangsung di Jakarta, pada Oktober 2018 mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.