10 August 2021 : 02.29

Messi Cabut, Barcelona Rugi Rp2,3 Triliun

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Keputusan Barcelona melepas Lionel Messi membuat klub raksasa Spanyol itu bakal kehilangan potensi pendapatan sebesar 137 juta euro.

Nilai yang setara dengan Rp2,3 triliun tersebut berasal dari pendapatan terkait merek dan kepentingan komersial.

Menurut analis keuangan Brand Finance, dilansir dari AS, Barcelona akan kehilangan sponsor hingga 77 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun, serta 43 juta euro atau Rp726 miliar dalam penjualan jersey dan barang dagangan lain.

Selain itu 17 juta euro atau senilai Rp287 miliar yang berasal dari penerimaan tiket dan hadiah dari kejuaraan juga diperkirakan bakal raib.

Kendati sudah berumur, Messi masih menjadi daya tarik utama bagi Barcelona yang sudah telanjur memiliki kaitan erat dengan kapten timnas Argentina tersebut.

“Kehadiran Messi di Barcelona tak diragukan lagi menjadikan klub bisa menarik fan, pemegang tiket terusan, pemain-pemain bagus dan pelatih, kesepakatan komersial dan peluang menjadi juara,” kata direktur umum Brand Finance Spanyol, Teresa de Lemus.

“Kepergiannya dapat merugikan klub dan menyebabkan penurunan nilai merek yang tragis,” tambahnya.

Perkiraan kehilangan pendapatan sebesar 137 juta euro tersebut setara dengan 11 persen dari valuasi Barcelona yang saat ini mencapai 1,26 miliar euro.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Menurut laporan Brand Finance Football 50 2021, Barcelona saat ini merupakan klub dengan valuasi tertinggi kedua setelah Real Madrid yang diperkirakan memiliki nilai sebesar 1,27 miliar euro.

Madrid sebelumnya pernah mengalami penurunan perkiraan nilai sekitar 19 persen setelah melepas Cristiano Ronaldo pada 2018.

[Gambas:Video CNN]

(nva)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition