MotoGP Berakhir, FIA Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika untuk Balap Mobil

  • Whatsapp

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com – Federasi Internasional Automobile (FIA) melakukan inspeksi kesiapan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit untuk menggelar balapan roda empat, Kamis (24/3/2022).

Hadir dalam inspeksi tersebut yakni Formula E Race Director Scot E Elkins yang memeriksa lintasan Sirkuit Mandalika dengan berjalan kaki dari garis start hingga finish.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan bahwa seminggu sebelumnya telah berkoordinasi dengan FIA untuk memeriksa Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Tanah Bukit Sirkuit Mandalika

“Jadi mereka setuju mengirimkan tim untuk melihat Pertamina Street Circuit dalam hal mendapatkan homologasi kendaraan roda empat,” kata Priandhi, Kamis.

Priandhi menyampaikan, pihak FIA melakukan inspeksi dengan berhenti di beberapa titik dan mencatat apa saja yang perlu disesuaikan dengan standar FIA, seperti lebar panjang sirkuit, gravel atau zona kerikil di pinggir lintasan, serta dinding pembatasan dan pengaturan ban.

“Mereka berhenti di beberapa titik untuk mencatat tujuannya, sehingga nanti ketika berkorespondensi dengan FIA sudah ada bayangan. Mereka bawa foto-foto dan tentunya kita akan mengirimkan bahan-bahan (materi) waktu pembuatan sirkuit, seperti lebar lintasan, run off, dan lainnya,” jelasnya.

Baca juga: Viral, Video Banyak Sampah di Tribune Penonton Usai Ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Ini Kondisinya

Ia berharap tidak terlalu banyak kebutuhan yang harus diubah dari lintasan Sirkuit Mandalika.

Pihaknya akan mengirimkan dokumen terkait desain Sirkuit Mandalika dalam jangka waktu dua hingga tiga pekan ke depan.  

Menurutnya, banyak proses yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil homologasi. 

“Kalau menuju FIA tentunya kami tidak berani komen, karena mereka akan mengirimkan apa yang menjadi standar FIA. Standar FIA dan FIM pasti berbeda,” kata Priandhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts