MotoGP Mandalika Ada karena Indonesia Mayoritas Anak Muda

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang internasional balap MotoGP 2022 segera melangsungkan seri kedua yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret mendatang. Selain menjadi tujuan pariwisata, acara ini juga bakal berdampak pada kemajuan industri otomotif.

Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan, ajang MotoGP rencananya akan digelar selama 10 tahun di Indonesia. Selama itu pula, gelaran balap sepeda motor ini akan berdampak positif ke beragam sektor.

“Kenapa MotoGP ada di Indonesia? Kita mesti lihat, bahwa ekonomi kita terus tumbuh sampai 2045. Apalagi generasi muda Indonesia adalah mayoritas penduduk,” ujar Erick, dalam konferensi virtual, yang dikutip Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Ini Daftar Mobil Bekas yang Kurang Dilirik Pembeli

Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.AHM Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.

“Jadi kita bisa lihat bagaimana pertumbuhan daripada industri motor di Indonesia, akan terus berkembang. Dan inilah menjadi win-win solution, untuk kita dan pihak penyelenggara,” kata dia.

Selain itu, Erick juga mengungkapkan rencana Kementerian Investasi yang mengundang investasi dari luar negeri untuk membuka lapangan kerja, terutama di industri otomotif.

“Kita juga melihat, perkembangan otomotif ini ke depan akan ada dua. Ada yang tetap seperti hari ini, tapi ada juga yang EV battery. Nah ini juga, kesempatan ini tidak kami main-mainkan,” ucap Erick.

Baca juga: Sambut Euro 4 Mesin Diesel, Harga Innova dan Fortuner Naik Rp 7 Juta

Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang.

Sementara itu, Erick menambahkan, produk buatan dalam negeri perlu melakukan promosi yang lebih gencar. Tujuannya agar mendapat perhatian dunia, bersamaan dengan event MotoGP Mandalika.

“Nah promo tercepat tidak lain tentu dengan event olahraga, seperti ketika kita melakukan Asian Games, semua dunia tahu ada Asian Games di Indonesia,” ucap Erick.

“Sama juga dengan adanya MotoGP. Selama 10 tahun, dengan total daripada siaran hampir mencakup sepertiga penduduk dunia. Ini adalah hal promo yang luar biasa,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts