MotoGP Mandalika, Kerennya Motif Batik di Helm Johann Zarco dan Alex Rins

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ajang MotoGP Mandalika yang digelar pada Minggu (20/3/2022) masih menjadi perbincangan hangat warganet.

Sorotan tidak hanya terarah ke insiden yang menimpa pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez, tetapi juga ke tampilan helm beberapa pebalap.

Mereka bersama produsen helmnya tampak menyiapkan desain khusus untuk menandai kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 25 tahun absen.

Misalnya saja Aleix Espargaro, pebalap dari tim Aprilia Racing yang memamerkan corak helm bermotif garis tegas biru dengan angka 41.

Atau Jorge Martin, rider asal Spanyol yang memamerkan peta Indonesia berhiaskan kata “Martinator” dan “Special Edition” di helmnya.

Tidak hanya itu, pebalap dari tim lainnya, seperti Johann Zarco dan Alex Rins, juga tak ingin ketinggalan dan menambahkan corak khusus pada helmnya.

Berbeda dari helm Aleix Espargaro yang tampak lebih kekinian, Zarco dan Rins justru kompak menambahkan motif batik di helmnya, walau keduanya berasal dari tim yang berbeda.

Helm Zarco dihiasi dengan motif batik megamendung berwarna putih dengan latar biru yang memanjang dari sisi atas ke spoiler.

Sedangkan Rins tampak apik dengan helm bermotif batik kawung yang menghiasi sisi atas depan, spoiler, termasuk samping.

Filosofi motif batik di helm pebalap MotoGP

Tentu penambahan motif batik di helm Zarco dan Rins bukan tanpa alasan. Sebab, batik merupakan warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui UNESCO sejak tahun 2009.

Related posts