30 March 2021 : 09.47

MotoGP Qatar: Bukan Cuma Valentino Rossi yang Keluhkan Ban Belakang

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

Doha

Valentino Rossi mengeluhkan ban belakang yang bermasalah di MotoGP Qatar. Nyatanya, rider lain juga merasakan hal yang sama seperti Fabio Quartararo.

MotoGP Qatar jadi balapan pembuka MotoGP 2021, yang berlangsung di sirkuit Losail, Doha pada Senin (29/3/2021) dini hari WIB. Maverick Vinales, dari tim Monster Energy Yamaha, mampu menjadi juara seri pembuka musim.

Vinales tampil cukup apik. Vinales mulai menyodok ke urutan terdepan pada putaran ke-15. Semenjak itu, Vinales terus memimpin dan disusul oleh disusul Zarco dan Bagnaia. Di urutan 4-6 ada Mir, Quartararo, dan Rins dan melengkapi 10 besar adalah Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Jack Miller, dan Enea Bastianini.

Valentino Rossi sendiri sebenarnya memulai balapan dari posisi keempat. Apa daya, ‘The Doctor’ melorot dan cuma bisa selesai di posisi 12.

Rider dari Petronas Yamaha itu mengakui, ada masalah pada ban belakangnya.

“Saya sangat kesulitan karena setelah beberapa lap, saya mengalami masalah dengan ban,” jelas Rossi seperti dilansir dari Crash.

“Entah mengapa kami terlalu membebani ban belakang dan sepertinya ban belakang mulai kehilangan performa dan grip, jadi setelah beberapa lap saya tidak cukup cepat,” tambahnya.

DOHA, QATAR - MARCH 28: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SR  prepares to start during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Valentino Rossi (Getty Images/Mirco Lazzari gp)

Fabio Quartararo yang finis di peringkat kelima juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, entah mengapa ban belakangnya bermasalah padahal oke-oke saja di sesi latihan dan kualifikasi.

“Saya sedikit kesulitan, sama seperti Valentino Rossi. Jadi ini situasi yang cukup aneh,” kata Quartararo.

“Saya merasa sangat kuat sejak awal dan begitu saya menyalip Jack Miller, saya bisa menyusul Johann Zarco begitu cepat. Tapi saya merasakan ban belakang mengalami penurunan besar yang tidak kami duga, karena dalam tes dan latihan saya tidak pernah mengalami penurunan di ban belakang,” lanjut pebalap dari tim Monster Energi Yamaha tersebut.

DOHA, QATAR - MARCH 27: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates the second place at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 27, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Fabio Quartararo (Getty Images/Mirco Lazzari gp)

Fabio Quartararo pun sempat was-was ketika balapan, mengira rekan setimnya, Maverick Vinales juga merasakan hal yang sama.

Untungnya, Vinales mampu menjaga ban belakangnya. Yang dinilai, berkat buah kesabarannya untuk menjaga jarak dan akhirnya baru memimpin di putaran ke-15.

“Saya tidak ‘membakar’ ban seperti mati-matian untuk menyalip. Saya merasa oke-oke saja saat menikung dengan dan hanya ban yang membuat penurunan besar. Jadi inilah mengapa saya tidak mengerti,” tutupnya.

Dengan seri kedua, MotoGP Doha 2021, kembali akan digelar di Sirkuit Losail, perkara ban belakang ini tentu bakal mereka harapkan sudah mampu memperlihatkan performa lebih baik.

Banner MotoGP Doha 2021

Simak video ‘Valentino Rossi di MotoGP Qatar: Start Keempat, Finis Kedua Belas’:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/krs)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition