MotoGP Umumkan Regulasi Baru Terkait Red Flag

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Situasi Red Flag atau bendera merah di saat balapan sudah berjalan lebih dari setengah bagian terkadang menimbulkan pro dan kontra. Untuk itu, dibuatlah aturan baru mulai MotoGP 2022 ini.

Bendera merah dikibarkan artinya jalannya balapan dihentikan karena suatu alasan mendesak. Para pebalap pun harus bergegas kembali ke paddock.

Dikutip dari Crash.net, Rabu (23/2/2022), Komisi Grand Prix sudah memutuskan bahwa hasil balapan resmi sekarang akan diambil dari terakhir kali pemimpin balapan melewati garis start-finis, sebelum bendera merah dikibarkan.

Baca juga: Hujan Bikin Sirkuit Mandalika Kotor, Sesi Tes Pra-Musim Sempat Red Flag

“Sebelumnya, jika balapan ditandai dengan bendera merah dan hasil akhir diumumkan, hasilnya diambil dari putaran di mana semua pebalap terakhir kali melewati garis finis,” tulis pernyataan resmi Komisi Grand Prix.

Red flag pada ajang balap MotoGPDok. MotoGP Red flag pada ajang balap MotoGP

“Jika ada pebalap atau beberapa pebalap tertinggal setengah lap atau lebih dari pemimpin balapan, maka klasifikasi balap diambil dari lap sebelumnya. Meskipun, ketika pemimpin balapan dan mayoritas pebalap sudah menyelesaikan lap berikutnya. Dalam kasus ini, adanya perubahan posisi atau crash pada lap terakhir pemimpin balapan diperdebatkan,” sambungnya.

Disebutkan bahwa regulasi ini berlaku segera. Hasil ketika bendera merah dikibarkan sekarang akan diambil dari terakhir kalinya pemimpin balapan melewati garis start-finis sebelum bendera merah dikibarkan.

Baca juga: Arti Red Flag Dalam Balapan MotoGP

Semua pebalap yang melewati garis start-finis pada lap yang sama dengan pemimpin balapan akan diklasifikasikan sesuai urutan.

Sementara untuk pebalap lainnya yang tidak berada pada lap yang sama, akan diklasifikasikan berdasarkan ketika mereka melewati garis finis pada putaran sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts