MotoGP Valencia 2020: Joan Mir Bisa Kunci Gelar Juara Dunia

19:45:57

Jakarta

Joan Mir sudah bisa mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 dalam race di MotoGP Valencia 2020 di akhir pekan. Ada hasil tertentu yang mesti ia amankan.

Mir mengukuhkan posisi di posisi terdepan persaingan MotoGP 2020 berkat kemenangan dalam MotoGP Eropa 2020 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) kemarin.

Buat rider tim pabrikan Suzuki tersebut, podium teratas itu menjadi yang pertama dalam kariernya di kelas MotoGP. Sekaligus pula menjawab keraguan publik karena Joan Mir sempat bertengger di puncak klasemen MotoGP 2020 tanpa memenangi balapan musim ini.

Hasil tersebut sekaligus bisa menjadi krusial dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020 yang tinggal menyisakan dua race lagi, yakni MotoGP Valencia 2020 yang masih dihelat di Ricardo Tormo dan MotoGP Portugal di Portimao.

Berkat kemenangannya akhir pekan lalu, Joan Mir kini memuncaki klasemen dengan 162 poin. Ia mengungguli Alex Rins, rekan setimnya di Suzuki dan rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang secara berurutan ada di posisi ketiga dan kedua.

Quartararo, yang di MotoGP 2020 jadi rider paling sering naik podium dengan tiga kemenangan, bernasib apes karena cuma bisa finis di posisi ke-14 setelah sempat crash pada race di akhir pekan.

Sampai dengan 12 seri balapan, Fabio Quartararo mengoleksi 125 poin. Jumlah yang sama diraih Alex Rins, walaupun Quartararo berhak ada di posisi kedua berkat unggul jumlah kemenangan.

Dengan kata lain, ada 37 poin yang memisahkan Joan Mir dengan dua pesaing terdekat. Di atas kertas, Mir pun masih amat mungkin tersalip di tengah MotoGP 2020 yang sarat kejutan. Apalagi para rivalnya masih bisa menambah 50 poin jika sapu bersih kemenangan di dua seri sisa musim. Di sisi lain, Mir pun sudah bisa memastikan gelar juara dunia dalam balapan berikutnya yakni MotoGP Valencia 2020.

Joan Mir cukup finis ketiga di MotoGP Valencia 2020 untuk memastikan predikat kampiun musim ini, sekalipun Fabio Quartararo atau Alex Rins meraih kemenangan.

Dalam skenario salah satu dari Quartararo atau Rins mampu sapu bersih dua kemenangan di dua seri sisa, asumsinya akan ada 50 poin yang bisa direguk. Maka salah satu dari Quartararo atau Rins bisa punya poin maksimal 175 poin jika mampu sapu bersih podium 1.

Dengan Joan Mir kini sudah memiliki 162 poin, finis ketiga akhir pekan ini akan membuatnya dapat tambahan 16 poin. Dalam skenario ini, ia pun sudah bakal punya 178 poin dan dipastikan tak lagi bisa dikejar.

Bahkan andaikata Fabio Quartararo dan Alex Rins gagal memenangi balapan akhir pekan ini dan, katakanlah, cuma bisa finis kedua maka Joan Mir punya peluang lebih besar untuk mengunci gelar juara dunia saat itu juga bahkan tanpa harus finis lima besar di MotoGP Valencia 2020.

(krs/cas)