4 August 2021 : 08.28

Olimpiade Tokyo: Indonesia Masih yang Memimpin di ASEAN

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Indonesia masih menjadi negara ASEAN terbaik di Olimpiade Tokyo 2020 hingga Rabu (4/8). Indonesia memimpin atas Filipina di klasemen sementara medali Olimpiade Tokyo.

Hingga Rabu petang pukul 14.30 WIB, Indonesia masih berada di posisi 39 klasemen sementara medali Olimpiade Tokyo bersama Austria dan Serbia. Ketiga negara sama-sama mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Di antara negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN, Indonesia masih memimpin perolehan medali di Olimpiade Tokyo. Indonesia masih unggul atas Filipina yang berada di posisi 44 dengan mengoleksi 1 emas dan 1 perak.

Di posisi ketiga ada Thailand yang memiliki 1 medali emas dan berada di posisi 54 klasemen sementara. Thailand merebut satu medali emas melalui Panipak Wongpattanakit dari cabang taekwondo 49 kilogram putri.

Selanjutnya ada Malaysia yang berada di posisi 79 dengan torehan 1 perunggu. Satu-satunya medali perunggu direbut Malaysia melalui cabang badminton lewat ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang mengalahkan ganda Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara tujuh negara Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Timor Timur, Laos, Vietnam, dan Singapura belum merebut satu pun medali hingga Rabu petang ini.

Eco Yuli Irawan of Indonesia competes in the men's 61kg weightlifting event, at the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Luca Bruno)Indonesia mendapat tiga medali dari cabang angkat besi. (AP Photo/Luca Bruno)

Namun, posisi Indonesia masih bisa digeser Filipina dan Thailand pada klasemen akhir perolehan medali Olimpiade Tokyo. Filipina masih berpeluang menambah medali dari cabang tinju setelah meloloskan dua atlet ke semifinal kelas terbang putra dan menengah putra.

Thailand juga masih berpeluang menambah medali dari cabang tinju setelah meloloskan Sudaporn Seesondee ke semifinal kelas ringan putri.

Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020 Negara-negara ASEAN:

1. Indonesia (28 atlet) Peringkat 39: 1 emas, 1 perak, 3 perunggu
2. Filipina (19 atlet) Peringkat 44: 1 emas, 1 perak
3. Thailand (42 atlet) Peringkat 54: 1 emas
4. Malaysia (30 atlet) Peringkat 79: 1 perunggu
5. Brunei (2 atlet), Kamboja (3 atlet), Myanmar (3 atlet), Timor Timur (3 atlet), Laos (4 atlet), Vietnam (18 atlet), Singapura (22 atlet): 0 medali

*Data hingga pukul 14.30 WIB

[Gambas:Video CNN]

(har)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition