Optimisme Dorna Sports Gelar 21 Seri pada MotoGP 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.comMotoGP 2022 menjadi musim terpanjang sejauh ini dengan jumlah 21 seri. Padahal, situasi pandemi masih belum berakhir.

Meski demikian, Dorna Sports tetap optimistis dapat menyelenggarakan semua seri tersebut. Bahkan, lengkap dengan penonton di sirkuit. Berbeda dengan 2020, di mana balapan hanya digelar di Eropa dan tanpa penonton.

Pada Januari 2021, Dorna Sports yakin bisa mengadakan 20 seri, termasuk balapan di luar Eropa. Namun, kenyataannya ada beberapa tuan rumah yang membatalkan penyelenggaraan. Sehingga, ada beberapa seri yang digelar di sirkuit yang sama.

Baca juga: Pengaspalan Sirkuit Mandalika Optimistis Selesai Sesuai Jadwal

Sebut saja Qatar, Austria, Misano, dan Portugal. Sementara yang membatalkan penyelenggaraan MotoGP ada Termas de Rio Hondo (Argentina), Sepang (Malaysia), Buriram (Thailand), Phillip Island (Australia), KymiRing, (Finlandia), dan Motegi (Jepang).

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

Sirkuit Brno (Rep. Ceko) juga membatalkan kontrak dengan MotoGP terkait masalah finansial yang dialami karena pandemi. Pada akhirnya, hanya 18 seri yang dapat digelar sepanjang 2021.

Musim ini, Dorna Sports yakin bisa menggelar 21 seri. Apalagi, setelah melihat sesi tes pramusim di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Mandalika berjalan dengan lancar.

“Selangkah demi selangkah, negara-negara kembali ke normal. Dalam kasus terburuk, kita punya situasi yang mirip seperti 2021. Tapi, saya yakin ini akan jauh lebih baik tahun ini,” ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2021, Seri Perdana Sebelum GP Mandalika

Meski demikian, kondisi sebenarnya belum sepenuhnya normal dan tiap negara memiliki kebijakan masing-masing terkait protokol kesehatan.

Enea Bastianini saat sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaJesus Robledo Blanco Enea Bastianini saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

Untuk MotoGP Qatar, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengakses paddock. Orang tersebut sebelumnya harus memberitahu pihak Dorna dari negara mana, nomor penerbangannya dan tanggal kedatangannya, tipe vaksin dan dosisnya, kapan terakhir kali divaksin, dan hotel tempat menginap.

Untuk melakukan ini, harus disebutkan apakah Anda ingin memesan tes PCR di “Laboratorium Sirkuit” sebelum keberangkatan dan negara mana yang Anda tuju.

Related posts