Parade Konvoi MotoGP, Polisi Bakal Tutup Jalan untuk Marquez hingga Quartararo Berparade di Jakarta

  • Whatsapp

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menutup sementara jalan saat parade rider MotoGP di Jakarta.

Penutupan itu dilakukan dalam rangka pengamanan 20 rider MotoGP yang akan berkonvoi dari Istana Merdeka.

Untuk itu, Polda Metro Jaya akan memberlakukan pengamanan ekstra agar kegiatan parade itu berlangsung aman.

Untuk pengamanan, Polda Metro Jaya akan menutup sementara jalan saat parade berlangsung. Penutupan itu dilakukan di ruas jalan sekitar Istana Negara dan Bundaran HI.

“Polda Metro akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara akan ada penutupan jalur pada saat rombongan melintas terutama¬† adari arah utara ke selatan. Untuk dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa,” kata Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

Sambodo memastikan, penutupan jalan itu akan dilakukan di satu ruas. Sementara di satu ruas lainnya lalu lintas akan berjalan normal seperti biasa.

“Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombongan melintas dari Istana ke Kempinski. Jadi sepanjang jalan rute parade akan dikoordinasikan pak Karo Ops Polda Metro Jaya dan akan ada petugas yang berjaga,” jelas Sambodo.

Sementara itu, Vice President Director MGPA Cahyandi Wanda mengatakan, rangkaian parade itu sebagai bentuk penghormatan pihak MotoGP kepada tuan rumah. Tujuan dari parade itu dilakukan dengan bentuk menghadiri undangan presiden langsung di Istana.

Baca juga: Rangkaian Acara Jelang MotoGP Mandalika, Presiden Jokowi Bakal Lepas Konvoi Rider di Istana Besok

“Jadi rangkaian acara besok rencananya adalah para pembalap MotoGP ini akan menunjukkan rasa hormat mereka ketika sampai ke Indonesia. Tujuan pertama mereka adalah menghampiri bapak presiden dan juga memberi salam hormat kepada pak presiden sebelum pagelaran MotoGP di Mandalika,” kata Cahyandi.

“Rencananya bapak presiden akan menerima para pembalap ini, diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di istana. Lalu pada jam 10 para pembalap akan dilepas secara resmi oleh presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika,” tutur Cahyandi.

Dalam parade ini, sebanyak 500 personel gabungan akan mengamankan konvoi para rider MotoGP.

Konvoi yang diikuti Marquez, Jack Miller hingga Fabio Quartararo itu juga diikuti dua pebalap Indonesia yang berlaga di Asia Talent Cup.

“Lalu setelah itu rangkaiannya akan ada 20 pebalap mulai dari Marquez, Joan Mir, Jack Miller yang berparade. Jadi totalnya akan ada 20 pembalap, termasuk juga didalam rangkaian itu ada 2 pembalap moto3 dan Asia Talent Cup. Rangkaian acaranya dari Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski,” imbuh Cahyandi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *