30 August 2021 : 02.09

Pebalap Pertamina Mandalika untuk Moto2 Musim 2022, Gabriel Rodrigo Gantikan Tom Luthi

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

KOMPAS.comPertamina Mandalika SAG Team, tim balap asal Indonesia, mengumumkan skuad pebalap untuk Moto2 musim 2022.

Pada tahun kedua kiprah Pertamina Mandalika pada Moto2 2022 nanti, dua kursi pebalap diisi oleh Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo.

Untuk Bo Bendsneyder, pembalap Belanda berdarah Indonesia, Moto2 2022 bakal menjadi musim kedua di tim Pertamina Mandalika.

Sementara itu, Gabriel Rodrigo (Argentina) bakal naik kelas setelah musim ini mengikuti kelas Moto3.

Sebelumnya, dia telah merasakan masing-masing satu podium plus satu pole position sejauh ini. Di Pertamina Mandalika, Rodrigo menggantikan Tom Luthi yang memutuskan pensiun pada pengujung Moto2 2021.

Baca juga: Nuansa Dirgahayu Indonesia Warnai Perjuangan Pertamina Mandalika SAG Team di Moto2 Austria

Presiden Pertamina Mandalika, Rapsel Ali, menceritakan pihaknya sempat mencoba untuk menempatkan pebalap Indonesia di tim untuk Moto2 2022. Namun, usaha tim harus menemui kendala dari Komisi Grand Prix.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Beberapa pekan terakhir, kami memang sudah mencoba dan mendorong agar pebalap Indonesia bisa bergabung dengan Pertamina Mandalika di Moto2 2022, seperti Dimas Ekky Pratama yang juga anggota Mandalika Racing Academy,” kata Rapsel Ali dalam siaran pers yang diterima, Minggu (29/08/2021).

“Namun, Komisi Grand Prix yang salah satunya diisi Dorna punya syarat ketat buat seorang pebalap bisa ikut kelas Moto3, Moto2, sampai MotoGP. Intinya mereka menilai pebalap Indonesia belum memenuhi syarat untuk ikut Moto2,” katanya.

Syarat ketat yang dimaksud adalah seorang pebalap wajib punya rekam jejak bagus pada event balap yang diikuti pada tahun ini. Contoh Dimas Ekky yang turun di FIM CEV Moto2 2021.

Dimas Ekky memang secara konsisten meraih poin dan kini berada di 10 besar klasemen, tetapi ia belum pernah merasakan podium. Hal ini membuat Komisi Grand Prix menilai Dimas Ekky tidak masuk kriteria untuk mentas di Moto2 2022.

Baca juga: Pembalap Pertamina Mandalika Dimas Ekky Bawa Pulang 15 Poin dari CEV Moto2 Jerez

“Sebagai gambaran pebalap yang podium di FIM CEV Moto2 seperti Taiga Hada atau Adam Norrodin saat tampil di Moto2 musim ini masih menempati posisi belakang. Jadi, memang persaingan Moto2 sangat ketat dan Dorna punya syarat tinggi buat pebalap yang ingin tampil di sini,” kata Direktur Pertamina Mandalika, Kemalsyah Nasution.

“Jadi, kami akan kembali lagi, pembinaan pebalap Indonesia memang harus ditingkatkan lagi,” katanya.

Meskipun begitu, manajemen Pertamina Mandalika berencana kembali menempatkan Dimas Ekky untuk mengikuti FIM CEV Moto2 pada 2022. Harapannya sang pebalap bisa konsisten naik podium dan setidaknya berada di lima besar klasemen.

“Kalau Dimas Ekky bisa meraihnya pada musim 2022, kans untuk memperkuat Pertamina Mandalika di kelas Moto2 2023 sangat terbuka lebar,” kata Kemalsyah.

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition