Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Ditargetkan Selesai 8 Maret 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembenahan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sudah masuk tahap pengaspalan ulang. Pengerjaan ini sudah dimulai pada Sabtu (5/3/2022), di sejumlah bagian lintasan.

Kartika Wirjoarmodjo, Wakil Menteri BUMN II, berharap pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika bisa selesai dalam waktu dekat.

“Untuk pengaspalan ulang lintasan sirkuit sudah dimulai dengan progress mencapai 60 persen,” ujar Kartika, dalam konferensi virtual (6/3/2022).

Baca juga: Bus Terbakar di Tol Pandaan-Malang, Diduga karena Ngecas Powerbank

Penampakan Bukit 360 dari Bukit SegerKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan Bukit 360 dari Bukit Seger

“Kita harapkan pada 8 Maret 2022, pengaspalan ulang tersebut selesai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dorna Sports dan FIM,” kata dia.

Sebelumnya, selama tiga hari tes pramusim MotoGP Mandalika, para pebalap menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut, serta standar keamanan, termasuk area runoff, serta gravel yang sangat lebar.

Meski begitu, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu, dan bahkan terdapat batu-batu kecil di lintasan.

Baca juga: Honda Supra GTR Terbaru, Harga Tembus Rp 28 Jutaan

Sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang.

Akhirnya, Dorna Sports dan FIM pun merekomendasikan pengaspalan ulang sekitar 17,5 persen lintasan sirkuit tersebut.

Dony Oskaria, Direktur Utama InJourney, mengatakan, bahwa target penyelesaian pengaspalan ulang lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, dan proses perbaikan sirkuit ini diawasi oleh FIM serta konsultan.

“Kita harapkan proses ini segera selesai dan kita siap untuk menghadapi MotoGP pada 18-20 Maret nanti,” ucap Dony, pada kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts