3 September 2021 : 02.28

Pengorbanan Barcelona dan Peluang Juara Liga Spanyol

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joan Laporta membuat pengorbanan besar bagi Barcelona pada musim ini dengan membuang kesempatan juara Liga Spanyol demi menyelamatkan klub.

Sebelum Antoine Griezmann dikembalikan ke Atletico Madrid pada deadline transfer, Blaugrana merupakan salah satu pesaing juara La Liga bagi Real Madrid dan Atletico Madrid.

Sejumlah bursa taruhan menempatkan Barcelona di bawah Madrid. Los Blancos tetap diunggulkan meski kehilangan Sergio Ramos dan Raphael Varane. Komposisi yang cukup solid dan tanpa masalah internal membuat Madrid layak jadi ungulan juara.

Akan tetapi, setelah kejutan pada hari terakhir dengan melepas Griezmann dan juga menjual Emerson Royal ke Tottenham Hotspur peluang juara itu tetap ada namun menurun drastis.

Tanpa Griezmann, lini depan Barcelona kini bertumpu pada sejumlah penyerang yang mendekati usia senja: Martin Braithwaite, Sergio Aguero, hingga Luuk de Jong yang baru direkrut.

Secara teknis kehilangan Griezmann merupakan sebuah kesalahan. Setelah ditinggal Lionel Messi, pencetak gol terbanyak Barcelona dalam dua musim terakhir adalah Griezmann.

Soccer Football - FC Barcelona present new signing Sergio Aguero - Camp Nou, Barcelona, Spain - May 31, 2021 FC Barcelona's new signing Sergio Aguero holds his shirt with president Joan Laporta during the press conference REUTERS/Albert GeaJoan Laporta menyelamatkan Barcelona dengan mengorbankan peluang juara. (REUTERS/ALBERT GEA)

Striker Prancis itu mengemas 15 gol dari 48 pertandingan pada musim 2019/2020 di bawah Messi dan Luis Suarez, serta mencetak 20 gol dari 51 laga pada musim lalu di bawah Messi.

Tanpa Griezmann Barcelona bisa terancam minim gol pada musim ini. Produktivitas gol jadi salah satu faktor yang bisa membuat Blaugrana bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol.

Terlebih lagi lini belakang Barcelona saat ini tidak cukup tangguh setelah kebobolan 4 gol dalam tiga pertandingan. Karena itu, dibutuhkan lini depan yang produktif guna bisa konsisten dengan kemenangan, atau setidaknya tidak kehilangan poin dalam setiap laga.

Sekalipun akan kembali kehilangan gelar juara pada musim ini, itu adalah risiko besar yang harus ditanggung skuad dan juga manajemen Barcelona.

Pada musim ini Barcelona cukup menderita dengan krisis keuangan yang membuat salah satu pemain terbaik mereka, Messi, ‘direbut’ Paris Saint-Germain.

Barcelona juga sebenarnya tidak ingin kehilangan Griezmann serta Emerson. Tetapi kebutuhan menyeimbangkan neraca keuangan membuat Barcelona tidak memiliki banyak pilihan.

Messi dan Griezmann adalah pemain dengan gaji tinggi di Barcelona. Setelah Messi pergi, gaji Griezmann adalah yang tertinggi setelah Frenkie de Jong. Griezmann dikabarkan mendapatkan bayaran 401 ribu euro atau setara dengan Rp6,774 miliar per pekan, sedangkan De Jong 411 ribu euro yang setara dengan Rp6,954 miliar per pekan.

Dengan melepas Griezmann, Barcelona bisa lebih berhemat dalam pengeluaran untuk gaji pemain. Barcelona juga bisa mendapatkan dana segar 40 juta euro apabila Atletico ingin mempermanenkan striker 30 tahun usai masa peminjaman.

Banner Testimoni

Pada musim ini Barcelona mendapatkan pemasukan sebesar 53,8 juta euro dari penjualan dan peminjaman 5 pemain mereka. Bantuan untuk keuangan Barcelona juga datang dari sejumlah pemain senior seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Sergi Roberto yang melakukan pemotongan gaji.

Dana-dana itu bisa disimpan dan membeli pemain top lain setelah keuangan mereka stabil baik satu atau dua musim ke depan.

Dengan demikian, melepas Messi dan Griezmann bisa jadi langkah pedih Barcelona karena kehilangan peluang juara. Akan tetapi itu bisa jadi keputusan terbaik untuk menunggu dan kembali bangkit dalam beberapa musim ke depan.

Baca kelanjutan berita ini pada halaman berikutnya>>>

Berharap Tuah Depay dan Ansu Fati


BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition