22 March 2021 : 05.46

Pergerakan Catur Dewa Kipas Sangat Akurat Tapi Lambat di Langkah Sederhana, Apa Sebab?

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

TRIBUNNEWS.COM – Ada sejumlah hal yang dianggap janggal di balik di balik grafik akurasi tinggi yang ditampilkan Dewa Kipas.

Satu di antara yang dipertanyakan adalah waktu identik dalam banyak langkah yang diambilnya dalam permainan catur virtual.

Catatan waktu itu, bahkan untuk langkah-langkah yang bersifatnya sederhana.

Baca juga: Profil Irene Sukandar, Grand Master Wanita yang Akan Tanding Catur dengan Dadang Subur si Dewa Kipas

Hal itu yang membuat kredibilitas Dewa Kipas dipertanyakan dan jadi kontroversial.

Akun Dewa Kipas yang dimiliki oleh Dadang Subur di Chess.com mendadak viral dan menggegerkan ranah maya.

Selain sempat menang dalam 27 laga beruntun, termasuk mengalahkan akun GothamChess milik International Master (IM) Levy Rozman, Dewa Kipas menunjukkan grafik akurasi langkah yang sangat akurat dan konsisten, terutama pada rentang 22 Februari hingga 2 Maret.

Pada kurun tersebut, akurasi langkah yang dicatat oleh akun Dewa Kipas di Chess.com berkisar di angka 90 hingga 99 persen!

Baca juga: Siapa Dewa Kipas? Akun Pemain Catur yang Diblokir setelah Kalahkan Pemain Catur Dunia, Gotham Chess

Sebagai perbandingan, akurasi langkah milik Grand Master Irene Kharisma Sukandar, calon lawan Dewa Kipas dalam duel persahabatan Senin (22/3/2021) nanti, “cuma” berada di bentang 45 sampai 95 persen. 

Grafik konsisten nyaris tanpa cela Dewa Kipas di Chess.com lantas menimbulkan banyak kecurigaan, sampai akhirnya akun milik Dadang Subur itu diblokir pada 2 Maret silam, tak lama usai menekuk GothamChess.

Akun Dewa Kipas diblokir karena tim analis algoritma Chess.com, yang juga melibatkan sejumlah pecatur bertitel Grand Master, menemukan adanya pelanggaran fair play.

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition