Permudah Transportasi di Mandalika, Kemenhub Siapkan Shuttle Bus

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) memastikan kesiapan dukungan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang.

“Indonesia melalui Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk pertama kalinya akan menggelar kejuaraan MotoGP 2022,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam keterangan tertulis (16/3/2022).

“Setelah pada seri pertama dilaksanakan di Sirkuit Losail Qatar pada tanggal 6 Maret 2022 yang lalu,” kata dia.

Baca juga: Absen Ikut Parade, Fabio Quartararo Bersantai di Mandalika

Jalan Bypass BIL-MandalikaKementerian PUPR Jalan Bypass BIL-Mandalika

Ia mengatakan, lantaran masih dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19, pemerintah tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat kepada para atlet, official crew, dan para penonton.

Adapun, untuk langkah-langkah yang telah disiapkan di antaranya persiapan manajemen dan rekayasa lalu lintas, serta manajemen moda transportasi yang dikoordinasikan oleh Polri dan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk acara ini, Kemenhub telah menyediakan sebanyak 85 unit shuttle bus dari total 184 unit shuttle bus yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Pameran Jakarta Auto Week 2022 Sepi Pengunjung, Ini Komentar Gaikindo

Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

“Sementara itu untuk subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika dari simpul-simpul transportasi di antaranya Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pusat Kota Mataram (Ex Bandara Selaparang) dan BIZAM,” ucap Budi.

“Sebanyak 278 unit bus bantuan Kemenhub meliputi 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, 181 unit bus kecil, serta mengoptimalkan ASK dan Angkutan umum yang ada di Lombok,” tutur dia.

Lebih lanjut untuk pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda telah disiapkan sebanyak 4 unit halte yaitu pada Parkir Sentral Timur, Gate 1, 2, dan 3 Sirkuit.

“Kemudian juga dilakukan pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika serta dilakukan peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok,” kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts