Pernyataan Berapi-api Yamaha soal Penalti Quartararo

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bos Yamaha, Lin Jarvis, menjadi pihak terkini dan tertinggi dari pabrikan asal Jepang tersebut yang mengkritik keras pemberian long lap penalty kepada Fabio Quartararo sebagai imbas kecelakaan di MotoGP Belanda 2022┬ápada Minggu (26/6/2022) malam WIB.

Fabio Quartararo diganjar dengan long lap penalty pada balapan MotoGP 2022 berikutnya di Silverstone setelah ia terjatuh dan mendorong motor Aleix Espargaro ke gravel saat mencoba menyalip pebalap Aprilia tersebut di Sirkuit Assen.

Quartararo tampak menderita lebih besar dari Espargaro dalam insiden di Lap 5 tersebut.

Sang juara dunia membutuhkan waktu beberapa saat untuk bangkit melanjutkan balapan setelah tersungkur ke area gravel.

Ia pun menderita kecelakaan lebih besar lagi tak lama setelah itu.

Sementara, Espargaro bergabung balapan lagi di peringkat ke-15 dan menyelesaikan MotoGP Belanda 2022 di peringkat keempat.

Baca juga: Quartararo Tabrak Aleix Espargaro di MotoGP Belanda: Fabio Bukan Pebalap Kotor

Espargaro pun berhasil memangkas keunggulan Quartararo di puncak klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 menjadi hanya 12 poin.

Keputusan untuk mengganjar Quartararo dengan penalti long lap sudah dikritik oleh sang pebalap sendiri dan oleh Massimo Meregalli selaku Team Director Monster Energy Yamaha yang menilai FIM MotoGP Stewards tidak konsisten dalam menegakkan aturan.

Apalagi, Yamaha telah mencoba melancarkan banding setelah balapan dan ditolak mentah-mentah.

Lin Jarvis kini mengutarakan bahwa pihaknya juga telah mencari cara untuk membawa protes ke CAS, Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Related posts