Pertamina Sediakan 50 Booth UMKM di Ajang MotoGP Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) menyediakan 50 booth Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

UMKM tersebut akan menjadi penyuplai kebutuhan penonton MotoGP yang berlangsung 18-20 Maret 2022 di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menuturkan, saat ini Pertamina sedang melakukan kurasi, yaitu pemilihan dan penilaian terhadap UMKM yang akan terlibat dalam kegiatan MotoGP ini.

Baca juga: Teten Masduki Ajak CSR Perusahaan Berdayakan Ekonomi di Wilayah Miskin Ekstrem

 

“Kami berikan kesempatan bagi pelaku UMKM di NTB untuk menjadi tenant pada booth ini untuk memperkuat dukungan kita bagi tumbuhnya perekonomian lokal, ” ujar Fajriyah dalam keterangan resminya, Jumat (10/3/2022).

Fajriyah menambahkan bahwa UMKM yang dilibatkan merupakan pelaku usaha lokal yang berasal dari NTB dan sekitarnya. Setelah melalui proses kurasi, produknya akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada pengunjung.

Kegiatan ini merupakan rangkaian aktivitas pemberdayaan UMKM dalam kerangka TJSL Pertamina untuk mendukung kesuksesan gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix Indonesia.

Sebelumnya, Pertamina telah berkolaborasi dengan Pemprov NTB dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan temu bisnis para pelaku UMKM dengan potential buyer industri perhotelan di sekitar kawasan DPSP Mandalika.

“Harapannya, kegiatan ini nantinya akan menjadi embrio bagi terciptanya ekosistem yang kuat antara pasok dan permintaan untuk sektor pariwisata di Mandalika sebagai salah satu DPSP,” lanjut Fajriyah.

Sudah hampir 2 tahun lamanya Indonesia menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid-19. Memasuki tahun 2022 diharapkan menjadi tahun ke-emasan bagi pelaku bisnis, terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Baca juga: Memulai Jadi Eksportir, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

 

Momentum MotoGP Mandalika diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM di Tanah Air, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menggaet investor.

Pertamina terus mendorong UMKM binaannya untuk terus meningkatkan akses dan mempromosikan produk UMKM baik dalam maupun luar negeri. Salah satu upayanya yaitu mengajak para pelaku UMKM mulai memasarkan produk-produknya secara digital baik melalui internet, televsi dan jaringan computer lainnya.

Hingga tahun 2021 Pertamina telah memiliki 4.047 UMKM Go Digital dan menjadikan momentum COVID-19 sebagai pemicunya, terhubung langsung dalam ekosistem digital dengan memanfaatkan platform e-commerce maupun marketplace.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts