Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran Kedua: Usung Konsep Sport Tourism, Hadirkan Pasar ‘Migunani’

  • Whatsapp

Suara.com – Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran kedua bakal digelar pekan depan tepatnya pada Sabtu-Minggu (13-14/8/2022) di Donokerto Jogja Rally Course, Turi, Sleman, Yogyakarta. Melihat kesuksesan pada putaran pertama, panitia penyelenggara optimis di putaran kedua.

Pada putaran kedua ini, tampaknya tak hanya menyajikan 70 team sprint rally dari berbagai kota di Indonesia. Event ini bakal menghadirkan 20 UMKM dan kelompok pegiat wisata di Kalurahan Wonokerto dan Donokerto, Turi, Sleman.

Putaran kedua event Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 akan mengusung konsep Sport Tourism. Hal ini bertujuan untuk menghidupkan ekosistem otomotif khususnya di dunia sprint rally di Yogyakarta yang mengkolaborasikan dengan sektor-sektor ekonomi kreatif lainnya seperti UMKM dan pariwisata.

“Piala Raja putaran kedua ini tentunya dengan semangat yang sama mengusung konsep Sport Tourism. Kita juga akan tetap berkolaborasi dengan warga masyarakat khususnya di Kalurahan Donokerto dan Wonokerto di Kapanewon Turi,” ujar Yuda Mahesa Sidharta, Ketua Penyelenggara Sprint Rally Piala Raja 2022 pada Press Conference yang dihadiri redaksi Suara.com di Barley & Barrel Beer Garden, Artotel Suite Bianti, Yogyakarta (5/8/2022).

Baca Juga:
Porsi Najwa ShihabNyobain Bubur di Jogja Jadi Sorotan Warganet

“Untuk konsepnya seperti yang sudah disampaikan kemarin, kami tetap mengemas konsep Sport Tourism dengan menghadirkan lebih banyak UMKM dan pelaku UMKM, termasuk pegiat wisata. Di sini, kami beri ruang dengan Pasar Migunani,” tambahnya.

Dengan digelarnya event ini, panitia pelaksana berharap berdampak positif pada berbagai sektor ekonomi khususnya masyarakat di Kapanewon Turi, Sleman terlebih di masa-masa bangkit dari pandemi Covid-19 ini.

Press Conference Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran Kedua dengan pembicara Yuda Mahesa Sidharta, Gambir Dirga, Munaryati, dan Gustilantika Marrel Suryokusumo (Suara.com/Gagah Radhitya Widiaseno)
Press Conference Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran Kedua dengan pembicara Yuda Mahesa Sidharta, Gambir Dirga, Munaryati, dan Gustilantika Marrel Suryokusumo (Suara.com/Gagah Radhitya Widiaseno)

Salah satu inisiator Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo juga sepakat dengan konsep Sport Tourism ini. Ia menyatakan event ini tak hanya melulu balap mobil saja, melainkan bisa menghidupkan UMKM yang berada di sekitar sirkuit.

“Event Piala Raja Sprint Rally Jogja sebagai wadah para pembalap khususnya roda empat. Target kami pada event ini bisa berlanjut karena bisa menyatukan beberapa elemen, tak hanya pembalap dan tim balap, tetapi para pelaku UMKM lainnya seperti bengkel, guest house, tempat wisata, dan kuliner,” tutur Marrel Suryokusumo.

“Event ini harus memberikan dampak besar tidak cuma di komunitas otomotif, melainkan di masyarakat luas,” pungkasnya.

Baca Juga:
Hingga Juni 2022, Sebanyak 29 Kasus Kekerasan Anak Terjadi di Kota Jogja

Event Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 hadir dalam 16 kelas seeded dan non-seeded di putaran kedua. Nantinya poin atau pencapaian nilai para peserta akan diakumulasikan hingga putaran ketiga yang akan digelar di Oktober 2022.

Para pembalap akan memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X. Deretan nama-nama sprinter Rally ternama baik dari Yogyakarta, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dipastikan ambil bagian memacu mobil terbaik mereka di Sirkuit Donokerto Jogja Rally Course.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.