Profil Marc Marquez: Juara Dunia MotoGP 6 Kali, Alami Diplopia Usai Crash di Mandalika

  • Whatsapp

KOMPAS.comMarc Marquez merupakan salah satu pebalap papan atas MotoGP saat ini. Usai mengalami crash di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lali, pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama itu didiagnosis kembali menderita diplopia.

Marc Marquez lahir di Cervera, Spanyol, pada 17 Februari 1993. Ia merupakan kakak dari Alex Marquez, pebalap MotoGP yang kini membela tim LCR Honda.

Marquez memulai karier di Grand Prix dengan terjun di kelas 125cc bersama KTM.

Ia berlaga di kelas 125cc (kini Moto3) selama tiga musim dan sukses meraih gelar juara dunia musim 2010.

Usai menyabet gelar juara dunia Moto3, musim berikutnya Marquez naik ke klas Moto2. Ia harus menunggu hingga musim kedua untuk merebut gelar juara dunia Moto2.

Marc Marquez lantas naik ke kelas utama pada musim 2013. Sebuah catatan fenomenal ia goreskan. Marquez langsung menjadi juara dunia MotoGP pada musim debutnya.

Baca juga: Dialami Marc Marquez Usai Terjatuh di MotoGP Mandalika, Apa Itu Diplopia?

Marquez merupakan raja MotoGP dari musim 2013 hingga 2019. Pada periode tersebut, ia berhasil memenangi gelar juara dunia MotoGP sebanyak enam kali.

Satu-satunya kegagalan Marquez pada periode tersebut adalah pada musim 2015 ketika trofi juara dunia MotoGP direbut oleh Jorge Lorenzo.

Alami Diplopia Usai Kecelakaan Hebat pada MotoGP Mandalika

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022) menjadi mimpi buruk Marc Marquez.

Sebelum hari balapan, pebalap Repsol Honda itu sempat terjatuh sekali saat latihan bebas kedua dan dua kali ketika menjalani sesi kualifikasi.

Related posts