Quartararo Posting Foto Sirkuit Ngebul, Diduga Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.comFabio Quartararo memposting foto yang diduga saat sedang berlatih start di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Dalam foto terlihat aspal bagian ban belakang “ngebul” debu.

Tak banyak yang disampaikan Quartararo. Pebalap Perancis itu juga tidak terang-terangan bahwa kejadian itu di Sirkuit Mandalika. Hanya menulis MotoGP atau balapan motorcross.

“MotoGP or MX,” tulis Quartararo di dengan menambahkan dua emotikon, dikutip Kompas.com dari akun Instagram, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Dilarang Freestyle Motor di Jalan Raya, Berbahaya

 

Pada tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 11-13 Februari lalu, sejumlah pebalap memang mengomentari dan jadi salah satu sorotan utama soal kondisi lintasan Mandalika yang berdebu dan berkerikil.

Pebalap yang mendapat julukan El Diablo menyebut, kondisi Sirkuit Mandalika seperti lintasan motorcross. Hal ini akibat kondisi Sirkuit yang menjadi kotor usai diguyur hujan.

“Sejujurnya, saya sangat senang karena pagi ini sangat sulit. Kondisinya seperti lintasan motorcross,” ucap Quartararo dikutip dari Yamaha Racing.

Baca juga: Abai dengan Rambu Lalu Lintas Jadi Penyebab Utama Kecelakaan

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. Yamahamotogp.com Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Meski demikian Juara Dunia MotoGP 2021 tersebut mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki tikungan yang cukup bagus.

“Saya pikir sirkuit ini seperti Qatar dan Thailand, serta Argentina, di mana saya mengalami pengereman yang cukup berat. Saya rasa tikungan di Mandalika bagus,” ucapnya.

Usai tes pramusim, pengelola sirkuit dalam hal ini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) fokus membenahi hal tersebut agar tidak terulang.

Baca juga: Tanggapan Dirjen Hubdat Mengenai Tarif Angkutan Barang

Pembalap MotoGP Monster Energy Yamaha Team Fabio Quartararo menaiki skuter sesaat sebelum mengikuti tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 dengan catatan waktu lap 1 menit 31,289 detik mengungguli pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez di urutan kedua dan pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales di posisi ketiga.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.AHMAD SUBAIDI Pembalap MotoGP Monster Energy Yamaha Team Fabio Quartararo menaiki skuter sesaat sebelum mengikuti tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 dengan catatan waktu lap 1 menit 31,289 detik mengungguli pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez di urutan kedua dan pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales di posisi ketiga.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.

Beberapa bagian sirkuit akan dilapis ulang. ITDC akan melakukan penyempurnaan main track untuk memastikan kondisi lintasan sesuai standar keamanan yang ditetapkan FIM.

ITDC Group juga akan melakukan pembersihan lintasan menggunakan kendaraan pembersih track “Track Jet Truck” yang memiliki penyemprot air bertekanan tinggi.

Truk pembersih ini akan dilengkapi rotating brush atau sikat yang dapat berputar. Truk masuk ke dalam lintasan dan membersihkan area-area tertentu, dibantu kru bagian perawatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts