Sebelum Mulai Parade, Para Pebalap MotoGP Dijamu Jokowi di Istana

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Balapan motor yang berlangsung 18 hingga 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika menjadi awal dari 10 tahun rencana penyelenggaraan MotoGP di Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia yang telah mempersiapkan gelaran MotoGP, sejumlah pebalap bakal dihadirkan di Jakarta pada Rabu (16/3/2022), sebelum berlomba di Mandalika.

“Jadi rangkaian acara besok rencananya adalah para pebalap MotoGP ini akan menghampiri bapak Presiden, sebelum gelaran MotoGP tanggal 18-20 Maret di Mandalika,” ujar Cahyadi Wanda, Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dalam konferensi pers di Jakarta (15/3/2022).

Baca juga: MGPA Nyatakan Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP

Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021)BPMI Setpres/Kris Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021)

Menurut Cahyadi, sebelum jadwal balap yang dimulai pada Jumat (18/3/2022), para pebalap akan mengawali kegiatan di Jakarta dengan melakukan parade.

“Jadi besok rencananya bapak Presiden akan menerima para pebalap ini diawali dengan sarapan bersama,” kata Cahyadi.

“Lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana hingga akhirnya pada jam 10.00 WIB para pebalap akan dilepas secara resmi oleh bapak Presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika nanti,” ucap dia.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Monumen Selamat Datang di tengah-tengah Bundaran HI, Jakarta PusatUnsplash/Muhammad Syafi Al – adam Monumen Selamat Datang di tengah-tengah Bundaran HI, Jakarta Pusat

Cahyadi menambahkan, dalam parade tersebut bakal ada 20 pebalap MotoGP, termasuk di dalamnya pebalap Moto2, Moto3, dan IATC.

“Jadi akan ada dua pebalap Indonesia di dalam rangkaian tersebut. Dari 20 pebalap ini akan memulai rangkaian atau parade dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempinski,” ucap Cahyadi.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, totalnya ada 80 motor yang akan mengikuti parade MotoGP Indonesia 2022 di Jakarta.

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022). AFP/KARIM JAAFAR Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022).

“Sekitar 80 motor, 20 motor dari pebalap dan di belakangnya ada 60 motor dari berbagai ATPM di Indonesia,” ujar Sambodo, pada kesempatan yang sama.

“Kami dari pihak Polda Metro Jaya akan melaksanakan pengamanan jalur mulai dari Istana Negara sampai Hotel Kempinski,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts