Seberapa Besar Potensi Wisata Mandalika Sebelum Gelaran MotoGP?

  • Whatsapp


KOMPAS.comMandalika adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2014 tentang KEK Mandalika.

Kawasan wisata ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dengan luas lahan sekitar 1.250 hektar.

Saat ini, KEK Mandalika sedang dikembangkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan salah satu pekerjaan yang telah diselesaikan berupa Sirkuit Mandalika seluas 120 hektar.

Berdasarkan Market in Minutes Savills Research, sebelum Kawasan Mandalika terkenal karena gelaran MotoGP 2022, wisata alam menjadi andalan utama di wilayah tersebut.

Terletak di sepanjang garis pantai selatan Pulau Lombok, pantai-pantai di Mandalika terkenal di kalangan peselancar karena air jernih, ombak besar dan lingkungan yang belum terjamah.

Baca juga: Berkat MotoGP, Harga Tanah di Sekitar Lombok Melonjak 10 Kali Lipat

Selain laut dan perbukitan, Mandalika juga memiliki beberapa goa, seperti Goa Bangkang Prabu dan Goa Kotak yang berbentuk unik.

Karena lingkungannya yang tenang ditambah dengan pemandangan menakjubkan, Kawasan Mandalika juga mulai menjadi tujuan yoga bagi wisatawan. Bahkan, wilayah ini kerap disebut sebagai “The next Bali”.

Sekitar 70.500 wisatawan asing datang mengunjungi Lombok pada tahun 2017. Angka ini meningkat sekitar 150 persen dari tahun 2015.

Capaian tersebut terus tumbuh hingga 154 persen pada tahun 2018 dengan total wisatawan lokal yang berkunjung mencapai 83.200 orang. Akan tetapi, peningkatan ini sedikit terhambat karena pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, melalui adanya MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun ini, pemerintah berharap kedatangan turis bisa meningkat dan membantu kawasan tersebut untuk terus berkembang.

Baca juga: Bypass BILL-Mandalika Jadi Percontohan Jalan Nasional, Begini Penampakannya

Related posts