Selain MotoGP dan Superbike, Kejuaraan Balap Nasional Akan Digelar di Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi venue berbagai kejuaraan balap mobil dan motor selain menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike.

“Kita lagi dorong, Mandalika selain World Superbike akan ada kejurnas-kejurnas dan juga balapan-balapan lain baik roda dua atau roda empat,” kata Sandiaga di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Instagram Kemenparekraf Sempat Hilang, Sandiaga Singgung Keamanan Siber RI

Sandiaga menuturkan, pariwisata di kawasan Mandalika nantinya akan dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Ia menyebutkan, pengembangan pariwisata di Mandalika akan dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya dengan menyelenggarakan MotoGP.

“Arahnya,  bukan hanya penyelenggaraan MotoGP, tapi juga kegiatan lainnya. Upscaling dan rescaling akan terus kita lakukan dan fokus kita kepada pariwisata berkualitas dan berkelanjutan dan desa wisata,” ujar Sandiaga.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika atau yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah penyelenggaran MotoGP pada akhir pekan ini.

Baca juga: Sandiaga: Kita Harapkan MotoGP Mandalika Buka Peluang Usaha dan Lapangan Pekerjaan

Sebelumnya, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997. Kala itu, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, dengan nama resmi Marlboro Indonesia Grand Prix.

Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika sebelumnya telah menyelenggarakan World Superbike 2021 pada November 2021 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts