Selesai Diaspal, Sirkuit Mandalika Dipastikan Sesuai Standar FIM

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Proses pengaspalan ulang lintasan utama Pertamina Mandalika Street Circuit telah selesai dilaksanakan dan siap digunakan untuk perhelatan MotoGP 2022.

Sebagai informasi, MotoGP 2022 akan dilaksanakan pada 18 Maret-20 Maret 2022 mendatang.

Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad mengatakan, proses tersebut selesai lebih cepat satu hari dari target yang ditetapkan yaitu selesai Rabu (9/3/2022) dari target Kamis (10/3/2022).

Novel juga memastikan, pengaspalan ulang itu telah dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Tak hanya itu, proses tersebut juga diawasi langsung oleh para konsultan dan pengawas profesional yakni Road Racetrack Runway (R3), Jaya Construction Management, Bomag, Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), dan Topcon selaku spesialis MMGPS.

“PP dapat membuktikan komitmennya dengan menyelesaikan pengaspalan ulang tepat waktu, bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan sebelumnya. Tidak hanya tepat waktu, PP juga berusaha memberikan hasil dengan kualitas terbaik sesuai standar yang telah ditentukan,” terang Novel dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: Alat Berat Tiba, Lintasan Sirkuit Mandalika Siap Diaspal Ulang

Pekerjaan tersebut telah dimulai PP sejak awal Maret lalu dengan melakukan proses resurfacing atau penggantian aspal lapisan atas jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) setebal 4,5 cm dengan aspal SMA yang baru sesuai dengan ketentuan dan spesikasi MotoGP.

Penggantian aspal dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga dengan tikungan 5,5 sepanjang 1,602 kilometer.

Dengan begitu, perseroan melakukan penggantian aspal sebesar 17,5 persen dari total panjang lintasan yaitu 4,302 kilometer.

Proses pengaspalan yang dilakukan pada 9 Maret 2022 lalu merupakan proses pengaspalan terakhir yang melalui STA 1+085 hingga 1+283 sepanjang 198 meter.

Selain pengaspalan ulang di lintasan utama Sirkuit Mandalika, PP juga tengah melakukan pembenahan dan penyelesaian fasilitas penunjang Sirkuit Mandalika untuk menyambut pergelaran MotoGP Mandalika.

Sebelumnya, PP telah ditunjuk oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indpnesia untuk melakukan pekerjaan pembangunan tribun dengan spesifikasi khusus (grandstand), VIP Village, Pit Building, serta Fasilitas Paddock.

Adapun progres pekerjaan per Rabu (9/3/2022) sudah tercapai 96 persen untuk grandstand premium, 97 persen untuk grandstand regular dan VP Village, serta Pit Building dan Fasilitas Paddock yang sama-sama telah selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts