Sepekan Jelang MotoGP, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Proses pengaspalan ulang di sebagian lintasan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat dilaporkan telah rampung pada Rabu (9/3/2022).

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria mengatakan, lintasan yang baru diaspal ulang tersebut akan melalui proses pendinginan selama satu hari.

Dengan demikian, masih tersedia waktu yang cukup untuk kembali melakukan pemolesan atau pembersihan lapisan minyak pada permukaan sirkuit.

Situs resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melaporkan, pelapisan ulang sirkuit dilakukan mulai bagian sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah keluhan yang muncul dari para pebalap MotoGP 2022 terkait pasir, debu, kerikil dan pecahan batu di permukaan lintasan saat melakukan sesi pramusim bulan Februari lalu.

Baca juga: Menilik Kualitas Pengaspalan Sirkuit Mandalika, Ini Kata Ahli

General Manager RMI Simon Gardini menjelaskan, kerusakan permukaan lintasan disebabkan oleh kualitas batu yang digunakan dalam campuran aspal kurang baik. Hal tersebut baru terlihat setelah lintasan dibebani performa motor.

“Pada awalnya kami kira itu karena debu, tapi kekuatan motor dan jenis sirkuit yang memiliki bagian yang cepat dan menantang ini, menyulitkan agregat yang kurang baik tersebut,” jelas Gardini, dilansir dari Antara.

Karena tekanan yang diberikan oleh motor, batuan pada lintasan menjadi terlepas dan menyebarkan lebih banyak debu ke luar lintasan.

Sementara itu, turut dilaporkan terdapat tiga kali kedatangan kargo logistik di Bandara Internasional Lombok terkait perlengkapan pebalap MotoGP 2022.

Ketiganya datang dari pesawat kargo Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8356, QR8062 dan QR8000.

Baca juga: Bisakah Aspal Sirkuit Mandalika Diterapkan di Jalan Raya?

Adapun logistik yang diangkut langsung dibawa menuju Sirkuit Mandalika dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Untuk diketahui, Pertamina Grand Prix of Indonesia MotoGP 2022 akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Perlombaan balap motor kelas utama itu terbuka untuk umum dengan tiket yang bisa dibeli di berbagai platform, salah satunya melalui Mandalika GP Hub di Rasuna Epicentrum, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts