Sesi Latihan Bebas MotoGP Argentina Resmi Mundur Sehari

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalannya MotoGP Argentina 2022 tidak sesuai dengan jadwal. Sebab, pesawat kargo yang membawa barang-barang pebalap dan tim terlambat datang.

Kondisi ini mengakibatkan jalannya sesi latihan bebas pada hari pertama, Jumat (1/4/2022), resmi diundur. Semua sesi latihan bebas akan dilakukan pada Sabtu (2/4/2022).

Beberapa tim MotoGP, Moto2, dan Moto3, yang terdampak. Termasuk pemimpin klasemen sementara MotoGP 2022, yakni Enea Bastianini bersama tim Gresini Racing.

Baca juga: Klarifikasi MGPA Soal Lelang Merchandise Pebalap MotoGP

Dikutip dari Crash.net, Jumat (1/4/2022), awalnya diharapkan bahwa penerbangan yang tertunda tersebut bisa datang pada Kamis. Sehingga, Jumat pagi sudah bisa memulai FP1 seperti biasa.

Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).Dok. Humas Bandara Lombok Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).

Namun, ternyata penerbangannya masih bermasalah hingga Jumat belum datang juga. Sehingga, diputuskan untuk menggelar seri ketiga MotoGP 2022 ini selama dua hari, Sabtu dan Minggu.

“Akibat dari dua masalah terpisah mengakibatkan dua dari lima penerbangan berbeda, muatan terakhir untuk GP Argentina akan sampai pada Jumat. Penerbangan mengandung muatan untuk semua kelas FIM MotoGP World Championship, dengan perubahan jadwal berlaku untuk semua kelas,” tulis pernyataan Dorna Sports.

Baca juga: Ini Barang-barang Pebalap MotoGP yang Akan Dilelang Kemenkeu

Disebutkan bahwa masalah bermula ketika satu dari lima pesawat kargo mengalami masalah teknis saat pemberhentian di Mombasa, Kenya. Pesawat pertama yang sudah sampai di Tucuman harus kembali ke Lombok untuk mengambil muatan, dan sayangnya harus mengalami masalah teknis.

Pekerja membongkar muat logistik MotoGP dari atas pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan QR8062 dari Doha tersebut membawa logistik seberat 89.900 kg kargo berupa motor, mesin dan perangkat lainnya yang akan digunakan pada MotoGP di Sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Pekerja membongkar muat logistik MotoGP dari atas pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan QR8062 dari Doha tersebut membawa logistik seberat 89.900 kg kargo berupa motor, mesin dan perangkat lainnya yang akan digunakan pada MotoGP di Sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022.

Hingga Kamis pagi waktu setempat di Argentina, satu muatan kargo masih tertinggal di Mombasa. Namun, pesawat pengangkut sekarang dikabarkan sudah dalam perjalanan.

Pesawat tersebut berangkat dari Mombasa melewati Lagos dan Brasil, dan diharapkan sampai di Tucuman pada Jumat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts