Sirkuit COTA Sudah Diaspal Ulang, Siap Dipakai untuk MotoGP 2022

  • Whatsapp

Suara.com – Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung memaksa penyelenggara MotoGP untuk membatalkan semua putaran non-Eropa sepanjang musim 2020. Setelah 14 bulan tanpa menjadi tuan rumah acara Grand Prix, Circuit of the Americas (CotA) di Austin, Texas, menyambut paddock MotoGP pada 1-3 Oktober 2021. Namun, pembalap kelas utama kurang terkesan dengan kondisi aspal sirkuit.

Akibatnya, badan penyelenggara MotoGP Dorna mengamanatkan bahwa penyelenggara CotA mengaspal ulang bagian antara tikungan 2 dan 10 dan tikungan 12 dan 16 atau seri tidak akan kembali pada tahun 2022.

Dilansir dari Rideapart, pemilik trek dengan cepat menanggapi ultimatum itu, memulai proyek pelapisan ulang empat minggu pada Januari 2022.

“Pekerjaan repaving skala besar telah berlangsung di Circuit of the Americas dalam beberapa pekan terakhir,” kata CotA dalam sebuah pernyataan yang disiapkan.

Baca Juga:
Jelang MotoGP Qatar, Fabio Quartararo Malah Merasa Ada Janggal di Tunggangannya, duh!

“Pejabat CotA bekerja dengan konsultan untuk memeriksa aspal dan mengidentifikasi bagian-bagian trek yang perlu diperbarui. Sistem georadar dan laser, serta perangkat lunak, digunakan untuk memetakan rute dan menentukan pekerjaan perbaikan yang diperlukan.”

Dengan Grand Prix of the Americas yang berlangsung pada 10 April 2022, Petugas Keselamatan FIM dan mantan juara Grand Prix 500cc Franco Uncini melakukan perjalanan ke trek Texas untuk mengkonfirmasi hasilnya.

Uncini tidak hanya memeriksa trek dengan berjalan kaki tetapi juga mengemudikan sportbike Honda produksi di sekitar jalur 3,4 mil.

“Betapa indahnya mengendarai sepeda motor di sekitar sirkuit GP di Austin,” seru Uncini.

“Saya memeriksa rute dengan sepeda motor!”

Baca Juga:
Kejutan, Francesco Bagnaia Ogah Pakai Mesin Balap GP22 Terbaru dari Ducati, Apa Sebab?

Setelah perjalanan positif Uncini, ia memberi tahu para petinggi MotoGP bahwa pekerjaan pelapisan ulang itu memuaskan dan lengkap.

Pada gilirannya, Komisi Keselamatan memberi tahu pembalap kelas utama bahwa seri ini memang akan kembali ke AS pada tahun 2022.

Dengan pelonggaran pembatasan COVID-19 dan CotA yang baru saja dipulangkan, sepertinya kita tidak perlu menunggu 14 bulan lagi sebelum paddock Grand Prix kembali ke Amerika Serikat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.