Sirkuit Mandalika dan Kebanggaan Nasional

  • Whatsapp

KEULETAN, semangat, dan prestasi atlet selalu menjadi tontonan dan berita yang menarik. Keindahaan dan keseruan permainan dan perlombaan selalu melampaui ruang dan waktu.

Kisah tentangnya selalu tersiar dengan cepat dan menembus batas negara, bahkan diwariskan dari generasi ke generasi.

Namun, altlet yang hebat dan pertandingan yang berkesan, tidak mungkin lepas dari atmosfer arena pertandingan. Kemegahan sebuah stadion olahraga ataupun sirkuit balapan, akan menentukan kemeriahan sebuah pertandingan atau perlombaan yang akan digelar. Hal itu juga akan turut menentukan kelas para atlet yang akan bermain.

Baca juga: Pakar Unair: Moto GP Mandalika Tingkatkan Pariwisata Indonesia

Dengan kata lain, kemegahan stadion olahraga ataupun sirkuit balapan menentukan seberapa besar eventĀ olahraga yang diselenggarakan.

Sirkuit Mandalika

Secara fisik, Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu memang megah dan indah. Sirkuit berada di atas lahan sekitar 120 hektare, memiliki fasilitas kelas dunia karena dibangun dengan anggaran sekitar Rp 1,1 triliun.

Arena balapan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 12 November 2021 itu memiliki 17 tikungan dengan 11 mengarah ke kanan dan enam lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit ini dapat menampung 150 ribu hingga 200 ribu orang dalam kondisi normal. Pada masa pandemi Covid-19 ini, pengelola hanya menyediakan 75 ribu kursi di grandstand dan 138 ribu area berdiri.

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi pembangunan sirkuit yang dibangun dalam waktu sembilan bulan tersebut. Dia bahkan menyebut Sirkuit Mandalika sebagai kebanggaan masyarakat Indonesia.

Ucapan kebanggaan Indonesia bukan sekadar isapan jempol. Karena untuk saat ini, Mandalika merupakan satu-satunya sirkuit berskala internasional yang dimiliki Indonesia.

Kesuksesan pelaksanaan FIM MOTUL Superbike World Championship, biasa disingkat WSBK 2021 dan tes pramusim Motto GP 2022 yang diikuti Marc Marquez dkk juga bisa dikatakan, menjadi indikator yang valid untuk menyebut Sirkuit Mandalika sebagai kebanggaan Indonesia.

Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika diproyeksi dapat membangkitkan nilai ekonomi lokal maupun nasional.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah mengakui bahwa kehadiran Sirkuit Mandalika membawa citra daerah di mata dunia sehingga menimbulkan rasa bangga.

Namun lebih dari itu Pemkab Lombok Tengah optimistis bahwa Sirkuit Mandalika akan mendongkrak kinerja ekonomi daerah. Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri misalya pernah menerangkan bahwa pariwisata adalah sektor unggulan di Kabupaten Lombok Tengah.

Related posts