Sprint Rally Jogja 2022 Putaran 2: Lebih Sulit Mana Clockwise Atau Anticlockwise? Ini Tanggapan Dari Cucu Sultan HB X

  • Whatsapp

Suara.com – Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran 2 digelar selama 2 hari, yakni Sabtu-Minggu (13-14/8/2022) di Sirkuit Jogja Donokerto Rally Course, Donokerto, Turi, Sleman Yogyakarta.

Event ini diikuti beberapa pembalap dari berbagai wilayah seperti DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya. Salah satunya terdapat cucu dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo yang ikut berpartisipasi dalam balapan ini.

Para pembalap yang bertarung di sirkuit harus menjalani 4 Special Stage (SS). Pada hari pertama, mereka harus menyelesaikan SS1 dan SS2. Sedangkan di hari berikutnya, SS3 dan SS4 harus dilalui para pembalap.

Dalam empat SS tersebut, diberlakukan sistem arah clockwise (balapan searah jarum jam) pada hari Sabtu dan anti-clockwise (balapan berlawanan dengan arah jarum jam) di hari Minggu. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta balap.

Baca Juga:
Cucu Sultan HB X, Marrel Siap Unjuk Gigi Bersama Tim Rally Gumregah Jogja Motorsports di Piala Raja Sprint Rally 2022

Lalu bagaimana tanggapan dari Marrel Suryokusumo usai menjalani sistem clockwise dan anti-clockwise pada ajang Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022?

“Menurut pendapat saya, trek yang anti-clockwise lebih menantang dibandingkan dengan sebelumnya. Bisa dikatakan levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan kemarin,” ujar Marrel Suryokusumo kepada redaksi Suara.com.

Marrel Suryokusumo berpartisipasi di ajang Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran 2 (Suara.com/Gagah Radhitya Widiaseno)
Marrel Suryokusumo berpartisipasi di ajang Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran 2 (Suara.com/Gagah Radhitya Widiaseno)

Ia menyebutkan kalau pembalap rally dituntut untuk beradaptasi di lintasan. Tak hanya adaptasi di lintasan, tetapi juga cuaca.

“Serunya balap di rally memang begitu. Jadi kita harus adaptasi dengan perubahan-perubahan. Apakah perubahan trek ataupun perubahan cuaca seperti yang terjadi kemarin, turun hujan,” pungkasnya.

Marrel Suryokusumo ini tergabung di tim Gumregah Jogja Motorsport yang di dalamnya juga terdapat beberapa pembalap muda yang berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Baca Juga:
5 Fakta Seputar Sri Sultan HB X Nonaktifkan Kepsek dan Tiga Guru SMAN 1 Banguntapan

Ada juga pembalap muda yang namanya telah mendunia di kejuaran-kejuaraan drift dan rally yaitu Emmanuel Amandio, pria yang memulai karir profesionalnya pada 2007 dan langsung meraih juara pertama kelas Free For All (FFA).

Selain itu terdapat empat pembalap yang sudah tak asing lagi di dunia sprint rally nasional juga mengisi line up Team Rally Gumregah Jogja Motorsports yaitu Anjasara Wahyu yang merupakan juara nasional bahkan juara asia auto gymkhana, Adhitya Kurniawan, Janto Datsun, dan Batara Richky Batuta yang sekaligus menjadi pembalap paling muda di team tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.