Strategi Bastianini pada MotoGP Qatar Berjalan Lancar

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.comEnea Bastianini berhasil meraih kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Kemenangan ini juga menjadi awal yang positif untuk Gresini Racing.

Bastianini start dari posisi kedua di Sirkuit Losail, Qatar. Dia terbilang tenang saat membawa Ducati Desmosedici GP21 meski digempur oleh beberapa pebalap senior.

Baca juga: Helm Lokal yang Dipakai Enea Bastianini, Harganya Rp 8,5 Juta

Strategi yang diterapkan untuk menjaga performa ban hingga akhir lap untuk melakukan pola menyerang, ternyata berhasil. Bahkan, bisa menyingkirkan Pol Espargaro yang sejak awal memimpin balapan.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022

Pebalap asal Italia ini menyelesaikan balapan dalam waktu 42 menit 13,198 detik, bahkan sempat bubuhkan waktu tercepat saat balapan 1:54,337 detik saat lap 17, mematahkan rekor Francesco Bagnaia tahun 2021 dengan 1:54,491 detik.

Bastianini mengatakan, perasaannya luar biasa saat ini. Dia mengaku berusaha keras dari awal, tetapi yang paling penting adalah menyelamatkan ban untuk akhir balapan.

Baca juga: Juara GP Qatar 2022 Enea Bastianini, Pebalap yang Dekat dengan Indonesia

“Saya melihat Pol begitu kencang di depan, tapi saya berhasil menyalip Binder dan kemudian di akhir, begitu saya sangat dekat dengan Pol, menyadari bahwa bisa mencoba untuk memenangkan perlombaan,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022

“Saya melewatinya di tikungan satu dan dia melebar, jadi sejak saat itu semua tentang bagaimana tetap memimpin dan membawa pulang kemenangan. Sulit untuk mengungkapkan perasaan sekarang, tetapi saya ingin mendedikasikan kemenangan untuk Fausto karena dia memberi motivasi luar biasa dari ‘atas sana’,” katanya.

Sementara itu pebalap rookie tim Gresini Racing MotoGP, Fabio Di Giannantonio, berhasil finis di posisi ke-17. Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut mengaku masih banyak belajar.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022

“Kami sedang belajar dan masih banyak yang harus dipelajari, tetapi saya harus senang dengan debut ini. Jelas, kami ingin banyak berkembang dan melakukannya dengan cepat, tetapi penting untuk menyelesaikan balapan pertama ini dan mengumpulkan beberapa pengalaman berharga. Kini segera fokus untuk Mandalika dan terus bekerja dengan percaya diri,” ujar Diggia.

Patrick Adhiatmadja, Executive Advisor PT Federal Karyatama & PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, mengapresiasi kemenangan fenomenal perdana tim Gresini Racing MotoGP yang musim 2022 ini melanjutkan kembali kerjasamanya bersama Federal Oil.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022

“Kemenangan fenomenal Enea Bastianini, dan bagi tim Gresini Racing di MotoGP Qatar ini bikin bangga Indonesia, sebab kemenangan ini sangat dinanti para penggemar balap. Adanya Federal Oil yang sudah satu dekade mendukung tim Gresini Racing semenjak di kelas Moto2 dan kini mendukung di kelas MotoGP tentunya menjadi momen yang sangat emosional dan bersejarah,” ujar Patrick, dalam keterangan resminya.

Patrick menambahkan, dirinya berharap semoga tren kemenangan ini bisa berlanjut di seri kedua di MotoGP Indonesia, dua pekan mendatang.

Tim yang didukung oleh banyak sponsor asal Indonesia ini optimistis bisa melanjutkan tren positif tersebut pada seri berikutnya, yakni Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts