Terpuruk pada MotoGP Eropa, Ini 2 Masalah Besar Yamaha Menurut Rossi

07:27:54

KOMPAS.comValentino Rossi menyebut dua masalah besar yang dialami Yamaha seusai gagal total pada MotoGP Eropa, Minggu (8/11/2020).

Balapan MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, menjadi mimpi buruk bagi Yamaha. Tidak ada satu pun dari empat pebalap mereka yang bisa finis di 10 besar.

Dua rider tim Monster Energy Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales tak mampu berbuat banyak pada MotoGP Eropa 2020.

Vinales yang harus start dari pit lane karena Yamaha menggunakan mesin keenam hanya bisa menyelesaikan lomba di urutan ke-13, sedangkan Rossi bernasib lebih buruk karena motornya mengalami kerusakan mesin pada lap ke-5.

Baca juga: Valentino Rossi Akui Suzuki Lebih Pintar Dibanding Yamaha

Sementara itu, Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT harus puas finis di urutan ke-14. Pada saat balapan, Quartararo bahkan sempat terjatuh pada lap pertama.

Hasil terbaik Yamaha pada MotoGP Eropa dibukukan oleh rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli, yang finis di posisi ke-11.

Terkait performa buruk Yamaha pada MotoGP Eropa, Valentino Rossi menyebut pabrikan asal Jepang itu memiliki dua masalah besar yakni soal ban reliability (keandalan) mesin.

“Situasinya tidak mudah karena sepertinya kami belum memahami sesuatu tentang ban,” kata Rossi dikutip dari laman Crash.

Baca juga: Kata Valentino Rossi Terkait Yamaha Melempem di MotoGP Eropa

“Minggu (MotoGP Teruel) lalu luar biasa karena Yamaha menang dengan Franco Morbidelli, tapi di Valencia kami berjuang keras dengan grip,” imbuh dia.

“Ini situasi yang sulit, juga untuk mesin karena kami memiliki masalah reliability. Jadi, ini bukan akhir pekan yang bagus. Kami harus memahami cara untuk meningkatkan diri,” ujar Rossi menambahkan.