Tim Satelit Kuasai Podium MotoGP Portugal 2020, Sejarah 16 Tahun Terulang

00:24:10

KOMPAS.com – Hasil MotoGP Portugal 2020 memunculkan sebuah fakta menarik yaitu keberhasilan tim-tim satelit menguasai podium.

Balapan GP Portugal yang merupakan seri pamungkas Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 menghasilkan Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM Tech3 sebagai pemenang.

Oliveira yang memulai balapan dari posisi terdepan melengkapi penampilan sempurna pada MotoGP Portugal 2020 dengan tampil sebagai pemenang.

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada Minggu (22/11/2020) malam WIB, Oliveira berhasil menjadi pemenang setelah melahap 25 lap dengan total waktu 41 menit 48,163 detik.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal – Oliveira Sempurna, Juara Dunia Gagal Finis

Ini merupakan kemenangan kedua Oliveira pada MotoGP 2020. Sebelumnya, ia sudah mengoleksi satu kemenangan pada MotoGP Styria.

Kejayaan tim-tim satelit pada MotoGP Portugal 2020 dilengkapi oleh Jack Miller (Pramac Racing Ducati) di podium kedua dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di urutan ketiga.

Munculnya tim-tim satelit sebagai penguasa podium MotoGP Portugal pun melahirkan sebuah fakta menarik.

Mengutip dari cuitan pengamat MotoGP, Martin Raines (@motogpmart), kali terakhir podium MotoGP dikuasai oleh tim-tim satelit adalah pada GP Qatar 2004.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2020 – Oliveira Juara, Perpisahan Rossi Berakhir Buruk

Pada saat itu, Sete Gibernau (Telefonica Movistar Honda) tampil sebagai pemenang, disusul oleh rekan setimnya, Colin Edwards, yang menempati podium kedua.

Adapun posisi ketiga pada saat itu diraih oleh Ruben Xaus dari tim D’Antin Ducati.