Turis Penonton MotoGP, Masih Tersedia 6.492 Kamar Kosong untuk Penginapan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekfraf) Sandiaga Uno menyebutkan, masih tersedia 6.492 akomodasi kamar di Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelang ajang balap internasional MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

“Bagi wisatawan yang masih khawatir terhadap kurangnya jumlah kamar maupun transportasi, kita sudah on progress dan ready implementation,” ujar Sandi dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rabu (16/3/2022)

Sandy menuturkan, jumlah kamar kosong itu tersebar di beberapa wilayah di NTB seperti di Mataram sebanyak 410 kamar, Sembalun 279 kamar, dan Gili 2.635 kamar.

Kemudian, Sekotong 134 kamar, Jerowaru 26 kamar, Senggigi 429 kamar, dan Tanjung-Pemenang-Gangga 104 kamar.

Ada juga 355 kamar kosong di Lingsar Suranadi, Batukliang Kopang 308 kamar, Senaru 224 kamar, Tetebatu Labuan Aji 245 kamar, serta Mandalika 1.343 kamar.

Baca juga: Jelang MotoGP, Tarif Parkir Flat di Bandara Lombok Diberlakukan

Akomodasi yang tersebar meliputi villa, bungalow, Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), rumah susun (rusun), hingga camping ground.

Untuk harganya sendiri tergantung dari tiap jenis akomodasi yang dipilih dan tentunya disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 9 Tahun 2022 mengenai batas dan batas bawah kamar penginapan.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemad menambahkan terkait dengan sertifikasi CHSE, sebanyak 300 Sarhunta sudah diverifikasi dan mendapatkan stiker tersebut.

“Jadi teman-teman tidak perlu khawatir akan protokol kesehatan maupun beberapa standar kesehatan lainnya di Sarunta,” kata Vinsensius menambahkan.

Akomodasi tersebut bertujuan dapat memenuhi permintaan wisatawan yang turut berpartisipasi, sekaligus membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Adapun Pemerintah bersama dengan seluruh pemangku kepentingan mengkalim terus berupaya menyiapkan berbagai akomodasi, baik penginapan, transportasi, hingga konsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts