18 February 2021 : 08.27

Turnamen Diizinkan, Ketum PSSI Kenang Pesan Jokowi ke Menpora

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghargai komitmen Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada sepakbola terkait penerbitan izin kepolisian untuk turnamen pramusim.

Iriawan menyebut Zainuddin telah bekerja luar biasa dalam mengusahakan kembali bergulirnya sepak bola, meski baru sebatas Piala Menpora 2021.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Zainuddin telah mengimplementasikan dengan baik arahan Presiden Joko Widodo saat dilantik sebagai Menpora.

“Menpora ini betul-betul luar biasa terhadap sepak bola. Apa yang disampaikan Pak Presiden kepada beliau (Amali) saat dilantik, ‘Pak Menpora, ingat sepak bolanya’, dan ternyata dilaksanakan oleh beliau,” kata Iwan Bule, menirukan ucapan Presiden Jokowi kepada Amali, Kamis (18/2).

Di mata Iwan Bule, Menpora sangat berkomitmen terhadap sepak bola. Itu dibuktikan dengan penandatanganan personal garansi untuk bertanggung jawab apabila nanti terjadi sesuatu dalam pertandingan pramusim.

Menpora juga menjembatani PSSI dengan pemerintah terkait izin dari kepolisian untuk turnamen pramusim 2021.

“Jadi kami berikan penghargaan kepada beliau sehingga kami bersama dengan LIB, dengan teman-teman kami berikan nama turnamen Piala Menpora 2021,” ujarnya.

Zainuddin kemudian membalas pujian yang dilontarkan Iwan Bule kepadanya, khususnya dengan pemberian titel Piala Menpora. Ia paham, ada alasan-alasan yang logis yang membuat PSSI dan LIB memilih Piala Menpora 2021.

Sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat untuk bidang olahraga, Menpora juga menganggap suatu hal yang wajar menjadi jembatan karena kondisi pandemi Covid-19 membuat segala sesuatunya tidak bisa berjalan normal.

[Gambas:Video CNN]

Sebab itu, Zainuddin melihat bahwa sinergitas antara para pihak, pemerintah, dan kepolisian sangat dibutuhkan untuk membuat semuanya berjalan lancar.

“Menurut saya, suatu alasan logis (nama Piala Menpora) agar saya dan teman di Kemenpora bisa memantau dan memonitor serta evaluasi perjalanan turnamen pramusim ini,” ungkap Politikus Golkar tersebut.

Rencananya, Menpora bakal menyerahkan secara langsung surat rekomendasi izin dari kepolisian untuk Piala Menpora 2021 ke PSSI dan LIB.

“Besok akan saya sampaikan izin resmi ke PSSI. Yang pasti saya siap hadir di pembukaan nanti,” tutup Menpora.

Rencananya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan dimulai pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Pesertanya terdiri dari 18 klub Liga 1 ditambah dua klub Liga 2 yang akan dibagi menjadi empat grup dan masing-masing dipusatkan di satu wilayah.

Dalam permohonannya ke Kepolisian, LIB telah melampirkan Bandung, Malang, Solo dan Sleman sebagai tuan rumah dengan alternatif lain yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang.

(ttf/jal)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition