13 February 2021 : 02.29

UFC 258: Usman Lolos Timbang Badan Usai Lepas Masker

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Kamaru Usman berhasil lolos dan masuk batas berat kelas welter setelah melepas masker dan kaus kaki pada acara timbang badan, Jumat (12/2) waktu setempat jelang duel lawan Gilbert Burns di UFC 258.

Usman naik ke timbangan dengan kondisi masih memakai masker. Namun berat Usman ternyata melebihi batas berat kelas welter, yaitu 77kg. Dengan masker di wajah, bobot Usman lewat 0,2 kg dari batas tersebut.

Meski kelebihan bobot, Usman berusaha. Ia lalu melepaskan masker dan juga kaus kaki. Setelah menjalani proses timbang ulang, berat Usman persis di angka 77kg.

Burns sendiri tidak mengalami kesulitan dalam proses timbang badan. Ia bisa lolos timbang badan dengan dengan mengenakan ikat kepala dan masker kain.

SUNRISE, FLORIDA - APRIL 27: Gilbert Burns of Brazil reacts after defeating Mike Davis during their lightweight bout at UFC Fight Night at BB&T Center on April 27, 2019 in Sunrise, Florida.   Michael Reaves/Getty Images/AFPGilbert Burns bakal jadi lawan Kamaru Usman di UFC 258. (AFP/Michael Reaves)

Dalam olahraga tarung, timbang badan adalah hal yang wajib bagi kedua petarung. Andai petarung tidak bisa masuk dalam berat badan yang ditentukan, peluangnya mempertahankan/meraih gelar bisa jadi tak berlaku.

Duel lawan Burns merupakan laga ketiga Usman sebagai juara bertahan kelas welter. Sejak merebut sabuk kelas welter dari tangan Tyron Woodley di tahun 2019, Usman dua kali sukses mempertahankan gelar lewat kemenangan TKO atas Colby Covington dan kemenangan angka atas Jorge Masvidal.

Sejak bergabung dengan UFC, Usman belum pernah merasakan kekalahan. Sebagai petarung MMA, Usman pun baru satu kali kalah, yaitu ketika menghadapi Jose Caceres di laga keduanya di dunia MMA.

Namun duel lawan Burns bakal punya level kesulitan yang berbeda bagi Usman. Burns adalah mantan rekan berlatih Usman. Kedua petarung sudah menjalani ratusan ronde sebagai sparring partner.

Hal itu membuat Usman mengetahui persis kelebihan dan kelemahan Burns, pun begitu sebaliknya. Latar belakang itu membuat duel lawan Usman juga punya potensi risiko tinggi bagi Usman.

Duel Usman vs Burns bakal berlangsung pada Minggu (14/2) WIB.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition