13 February 2021 : 08.32

UFC 258: Usman Menang Jangkauan, Burns Bisa Curi Kuncian

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Kamaru Usman punya keunggulan jangkauan atas Gilbert Burns jelang UFC 258 namun Burns bisa saja mencuri kuncian ketika tengah bergulat.

Meski selama ini dikenal sebagai petarung yang jarang menang KO/TKO, Usman sejatinya punya rata-rata pukulan telak per menit yang terbilang tinggi. Usman menorehkan 4,6 pukulan per menit, unggul atas Burns yang punya rata-rata pukulan telak 3,15 pukulan per menit.

Keunggulan Usman bisa kembali tampak di duel nanti seiring keunggulan postur yang ia miliki. Dengan tinggi 183cm, Usman lebih tinggi 5cm dibandingkan Burns. Usman pun unggul dalam hal jangkauan pukulan dan tendangan.

Dengan kondisi keunggulan tersebut, menarik untuk melihat sejauh mana inisiatif Usman untuk tetap mempertahankan posisi pertarungan dalam kondisi berdiri.

LAS VEGAS, NEVADA - MARCH 02: Kamaru Usman of Nigeria celebrates after defeating Tyron Woodley in a welterweight title bout during UFC 235 at T-Mobile Arena on March 02, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman won by unanimous decision.   Isaac Brekken/Getty Images/AFPKamaru Usman saat ini berstatus sebagai juara kelas welter. (AFP/Isaac Brekken)

Pasalnya, Usman juga unggul dalam hal takedown dibandingkan Burns. Rataan takedown Usman adalah 3,44 per 15 menit, sedangkan Burns ada di angka 2,21 per 15 menit. Usman selama ini dikenal sebagai petarung yang punya teknik gulat hebat sehingga banyak lawan tak berdaya dalam ground fighting melawan Usman.

Tetapi andai laga berlangsung dengan posisi ground fighting, Usman mesti waspada terhadap Burns. Burns yang merupakan mantan rekan berlatih Usman tersebut bisa memiliki potensi besar.

Burns punya catatan submission yang lumayan mumpuni. Burns mencatat delapan kemenangan submission dari 19 kemenangan yang ia raih di dunia MMA. Jumlah tersebut jadi yang terbanyak dibanding kategori kemenangan lain yaitu KO/TKO (6) dan angka (5).

Satu-satunya kekalahan yang diderita Usman dalam kariernya pun didapat lewat submission ketika menghadapi Jose Caceres. Saat itu Usman kalah lewat rear naked choke dengan posisi berdiri.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jal)

Related Post

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition