Untuk Balap Motor MotoGP 2022, Pemangku Kepentingan Siapkan 3 Hal Ini

  • Whatsapp

MANDALIKA, KOMPAS.com – Kurang dari tiga hari ke depan, perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 akan berlangsung.

Laga yang berbentuk balapan motor MotoGP itu akan terlaksana pada 18-20 Maret 2022.

Pertandingan balap motor itu berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Sircuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berbagai pemangku kepentingan, ikut ambil bagian dalam balap motor MotoGP itu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Baca juga: Balap Motor MotoGP, dari Sirkuit Mandalika Ada 6 Rute Bus DAMRI Pergi-Pulang

Salah satunya adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Pebalap MotoGP Berdatangan: Joan Mir Main Alis, Marc Marquez Jadi Pusat Perhatian

“Kami menyiapkan berbagai akomodasi baik penginapan, transportasi, hingga konsumsi,” kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat bertandang ke Media Center Indonesia di kawasan sirkuit tersebut, Rabu (16/3/2022).

Fasilitas tenda Bobobox X Eiger yang didirikan di area camping ground Kuta Beach Park The Mandalika, pantai Kuta, Mandalika, Selasa (16/3/2022). Tenda menjadi pilihan alternatif bagi para penonton MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022, seiring keterbatasan kamar penginapan di sekitar Sirkuit Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Fasilitas tenda Bobobox X Eiger yang didirikan di area camping ground Kuta Beach Park The Mandalika, pantai Kuta, Mandalika, Selasa (16/3/2022). Tenda menjadi pilihan alternatif bagi para penonton MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022, seiring keterbatasan kamar penginapan di sekitar Sirkuit Mandalika.

Sandiaga Uno dalam catatannya sebagaimana data dari rilis yang disiarkan Kementerian Komunikasi dan Informasi menunjukkan sedikitnya 6.492 kamar akomodasi masih tersedia di Lombok, NTB.

Baca juga: Siapkan Simulasi Lalu Lintas, Ini Harapan Polisi di Balap Motor MotoGP

Kamar-kamar itu, kata Sandiaga Uno, ada di Mataram (410 kamar), Sembalun (279 kamar), Gili (2.635 kamar), Sekotong (134 kamar), Jerowaru (26 kamar), Senggigi (429 kamar), Tanjung-Pemenang-Gangga (104 kamar), Lingsar Suranadi (355 kamar), Batukliang Kopang (308 kamar), Senaru (224 kamar), Tetebatu Labuan AJi (245 kamar), dan Mandalika (1.343 kamar).

Sandiaga Uno lantas memerinci bahwa kamar akomodasi itu terdiri dari villa, bungalow, sarana hunian pariwisata (sarhunta), rumah susun, hingga tempat perkemahan (camping ground).

Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 9/2022 sudah mengatur batas atas dan batas bawah kamar penginapan.

Oleh masyarakat setempat, ayam taliwang dipercaya sudah ada sejak era Kerajaan Taliwang berkuasa di tanah Lombok. Tak heran, kuliner tersebut disebut dengan nama ayam taliwang. Ayam taliwang memiliki cita rasa pedas gurih dengan bumbu rempah yang kuat, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, serta terasi.Dok. Shutterstock Oleh masyarakat setempat, ayam taliwang dipercaya sudah ada sejak era Kerajaan Taliwang berkuasa di tanah Lombok. Tak heran, kuliner tersebut disebut dengan nama ayam taliwang. Ayam taliwang memiliki cita rasa pedas gurih dengan bumbu rempah yang kuat, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, serta terasi.

Kemudian, data yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu menunjukkan sebanyak 300 sarhunta sudah mendapatkan verifikasi dan stiker sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE).

Lantas, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Hilman menyebut bahwa pihaknya sudah memberangkatkan truk makanan (food truck) untuk menyuplai makanan dan minuman ke Mandalika sejak Minggu (13/3/2022).

“Kami sekaligus mempromosikan kuliner khas Nusantara dalam ajang MotoGP,” ucap Neil El Hilman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts