5 August 2021 : 08.26

Valentino Rossi, Legenda MotoGP yang Kehilangan Taring

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Legenda MotoGP, Valentino Rossi memutuskan untuk mengakhiri kariernya di arena balap motor pada akhir musim MotoGP 2021.

Rossi merupakan salah satu legenda di arena balap MotoGP. Pembalap berusia 42 itu berada di tempat yang sama dengan Giacomo Agostini, Angel Nieto, hingga Michael Doohan.

Rossi layak disebut legenda bukan hanya karena prestasi yang diukirnya. Karisma dan juga kemampuannya dalam memacu motor di lintasan balap sudah tidak usah diragukan lagi.

Rossi menempati posisi tiga besar jika bicara gelar di ajang balap motor. Total sembilan gelar juara dunia dikoleksi The Doctor atau hanya kalah dengan Giacomo Agostini (15 gelar) dan Angel Nieto (13 gelar).

Rossi sudah mencatatkan sembilan gelar juara dunia sejak berkarier di lintasan balap pada 1996. Satu gelar masing-masing dari kelas 125cc dan 250cc serta tujuh gelar di kelas utama.

Namun, Rossi terakhir kali menjadi juara dunia sudah cukup lama yakni pada 2009. Prestasi membanggakan itu diukirnya saat masih bersama Yamaha.

Setelah itu, Rossi memutuskan pergi dari Yamaha untuk memperkuat Ducati. Dua musim di Ducati, pembalap kelahiran Urbino, Italia itu kesulitan untuk tampil kompetitif.

Pada 2013 ia memuuskan kembali ke Yamaha dan mulai musim ini memperkuat Petronas Yamaha SRT. Namun, gelar juara dunia tidak mampu lagi diraih Rossi dengan prestasi terbaiknya tiga kali jadi runner up tahun 2014, 2015, dan 2016.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Dalam dua musim terakhir, rapor Rossi yang sebelumnya begitu gemilang di lintasan balap terus anjlok. Di MotoGP 2020, Rossi hanya sekali naik podium dan harus puas menempati posisi ke-15 klasemen akhir pembalap.

Performa Rossi hingga paruh musim MotoGP 2021 bahkan jauh lebih buruk. Dari sembilan seri yang sudah diikuti, Rossi belum sekalipun naik podium dan kini berada di posisi ke-19 karena baru mengoleksi 17 poin.

MotoGP 2021 akan berlangsung akhir pekan ini di Sirkuit Red Bull Ring. Live streaming MotoGP Styria 2021 dapat dilihat di CNNIndonesia.com dan siaran langsung balapan bisa ditonton di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(jal/nva)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition