Yamaha Putar Otak Tambah Top Speed

14:13:28

Jakarta

Yamaha memutar otak untuk menambah kecepatan YZR-M1 untuk MotoGP tahun depan. Kekuatan motor tim Garpu Tala sudah mulai didekati pesaing.

Di MotoGP 2020, Yamaha untuk sementara paling banyak memenangi seri. Dari 11 kali balapan yang digelar, Yamaha menang lebih dari separuhnya.

Rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menang tiga kali. Dia menggapainya di MotoGP Spanyol, MotoGP Andalusia, dan MotoGP Catalunya.

Sementara itu rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli, merebut kemenangan di MotoGP San Marino dan MotoGP Teruel. Tim pabrikan Yamaha merebut satu seri saat Maverick Vinales menang di MotoGP Emilia Romagna.

Kendati paling sering menang, Yamaha juga sering mengalami masalah. Masalah tekanan ban Quartararo di MotoGP Aragon contohnya.

Selain itu, Suzuki juga menunjukkan performa lebih konsisten dengan mengantarkan Joan Mir naik podium enam kali hingga memuncaki klasemen MotoGP dengan raihan 137 poin.

Bos Yamaha, Takahiro Sumi, menegaskan bahwa pihaknya akan memutar otak ditengah pembekuan pengembangan mesin motor.

“Kami harus melakukan pengembangan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya untuk meningkatkan titik kekuatan kami,” kata Sumi di Motorsport.

“Malangnya untuk saat ini, kecepatan saat menikung dan kemudahan untuk dikendarai bukan hanya (titik kekuatan) dari Yamaha.”

“Kami sadar bahwa para kompetitor jauh lebih baik di area ini, terutama Suzuki. Jadi kami harus berusaha untuk itu.”

“Juga, kami tak menyerah pada meningkatkan top speed untuk musim depan. Tentu saja, mesin dibekukan untuk tahun depan, tapi mesin merupakan satu elemen, tapi kami bisa menemukan cara lain,” dia menambahkan.

Simak Video “Sah! Valentino Rossi Gabung Petronas Yamaha
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)